11 Taipan Properti Indonesia Paling Tajir

01 February 2018 13:32

Beberapa Konglomerat Yang Bergabung Dalam Daftar 50 Orang Terkaya Di Indonesia Tahun 2017 Terimplikasi Berkat Portofolio Properti Mereka. Meskipun, Hanya Segelintir Taipan Saja Yang Portofolio Propertinya Cukup Berpengaruh Bagi Kontribusi Pendapatan Korporasinya. Yang Menarik, Beberapa Dari Mereka Justru Mampu Menggeser Konglomerasi Dari Sektor Bisnis Lainnya.

Dari sekian banyak sektor yang menjadi motor penggerak ekonomi dalam negeri, sektor properti bisa dibilang salah satu industri yang paling bersinar dalam satu dekade terakhir. Pesatnya pertumbuhan ekonomi yang disertai meningkatnya kelas menengah sehingga berimbas pada naiknya pendapatan per kapita, secara tidak langsung turut mendorong konsumsi masyarakat, termasuk yang berkonotasi pada pertumbuhan sektor properti. Tak heran, sektor ini, disebut-sebut mampu menyokong pertumbuhan ekonomi sebesar 28 persen, ditinjau dari pengeluaran konsumsi sektor bangunan.

Kondisi ini pula yang menyebabkan harga properti di Indonesia melonjak lebih dari 100 persen dalam dua tahun terakhir dan berimplikasi pada konglomerat-konglomerat properti yang mendominasi dalam barisan orang-orang terkaya di Indonesia, bahkan beberapa dari mereka mampu menggeser konglomerasi dari sektor bisnis berbasis sumber daya alam yang rentan terhadap fluktuasi harga.

Berdasarkan data 50 orang terkaya di Indonesia yang dirilis Forbes Asia pada akhir 2017 lalu, menunjukkkan, hampir rata-rata konglomerat di Indonesia terlibat dalam bisnis properti. Meski, hanya segelintir taipan saja yang portofolio propertinya cukup berpengaruh bagi kontribusi pendapatan korporasinya. Secara keseluruhan, ada sekitar 50 orang terkaya Indonesia yang masuk daftar yang dirilis Forbes.

Meningkatnya harta kekayaan para konglomerat ini ada yang diakibatkan oleh peningkatan harga saham. Semantara, faktor lainnya disebabkan terungkapnya harta mereka setelah mengikuti program pengampunan pajak atau tax amnesty.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia