Aplikasi Digital Memasarkan Properti Satu Genggaman (1)

05 April 2018 13:47

Majalah Properti Indonesia edisi April 2018 menurunkan ulasan tentang Aplikasi Digital dan memasarkan produk properti. Disebutkan, saat ini agen properti tidak perlu kerepotan mencari informasi mengenai proyek properti. Agen tinggal menjelajahi proyek-proyek yang diminati dan download brosur serta pricelist yang diinginkan, atau membagikan informasi proyek di media sosial melalui aplikasi. Cari rumah, apartemen hingga kuburan semua dalam satu genggaman

Kemajuan teknologi memang sangat membantu manusia. Salah satunya untuk pemasaran properti. Kini, aplikasi pemasaran properti mobile berbasis Android dan IOS tumbuh subur bak jamur di musim hujan. Tak hanya dikem bangkan oleh perusahan startup, perusahaan agen properti dan pengembang properti pun kini banyak yang membuat aplikasi pemasaran properti.

Aplikasi pemasaran properti mobile berbasis Android dan IOS tersebut diklaim sangat membantu para pemasar properti, baik broker properti yang tergabung dalam perusahaan agen properti maupun penjual properti perorangan freelance. Andy K Natanael, Founder aplikasi Projek mengatakan, sejak diluncurkan pada awal 2016 lalu, kini telah memiliki puluhan ribu member.

Projek, kata Andy, adalah aplikasi online yang menawarkan cakupan luas, informasi yang konsisten, terutama kepada agen properti yang tersebar di berbagai wilayah dalam waktu yang singkat dan bersamaan.

Dengan fitur-fitur yang tersedia tersebut, Projek dapat menjadi jembatan developer yang membangun properti dengan agen properti yang ikut memasarkannya. Dan juga menjadi jembatan informasi dan transaksi antara agen dan developer dengan aplikasi mobile berbasis Android dan IOS. “Sebagai pemasar, kami hanya mau bekerjasama dengan pengembang yang memiliki jejak rekam yang baik dan propertinya memiliki konsep yang baik sehingga pembeli bisa mendapat banyak keuntungan,” ujar Andy.

Langkah Projek kini banyak yang mengikuti. Seperti aplikasi Property Pro yang didirikan 8 mantan anggota General Manager Lippo Land. Mereka merupakan kontributor dengan total rata-rata nilai penjualan properti sebesar Rp1,5 triliun per tahun untuk penjualan properti Lippo Group.

Lantaran puluhan tahun penjualan properti dilakukan secara konvensional, hal ini menimbulkan keprihatinan tersendiri bagi mereka di era digital ini. “Property Pro merupakan agen properti yang berbasis digital. Agen ini memiliki keunikan jika dibandingkan dengan agen properti pada umumya, karena kami lebih menekankan untuk penggunaan aplikasi yang dapat mempermudah para agen untuk menjual properti,” jelas Dopur Eduardus, Direktur Utama Property Pro.

Aplikasi Property Pro tersedia di Google Play dan Appstore. Beragam fitur disediakan untuk mempermudah seorang agen mendapatkan informasi proyek properti dengan sangat terperinci, mulai dari harga, fasilitas, gambar, tipe dan unit yang tersedia. Aplikasi ini dapat digunakan tidak hanya oleh agen properti profesional, tetapi juga masyarakat yang ingin mencari penghasilan tambahan dengan menjual properti yang tersedia di aplikasi ini.

“Kini, agen properti tidak perlu kerepotan mencari informasi mengenai proyek properti. Agen tinggal menjelajahi proyek-proyek yang diminati dan download brosur serta pricelist yang diinginkan, atau membagikan informasi proyek di media sosial melalui aplikasi,” tambah Dopur.

Selain akan mudah mendapatkan informasi mengenai proyek properti terbaru, agen juga bisa mendapatkan komisi yang menarik dan kompetitif yang diberikan Property Pro. Dopur mengklaim, kehadiran aplikasi ini telah banyak diminati oleh para agen. Buktinya, sejak Desember 2017 lalu kini sudah ada lebih dari 3.000 agen yang mendaftarkan diri. Property Pro juga telah bekerjasama dengan beberapa developer ternama di Indonesia seperti Adhi Karya, Jababeka, Wika Realty, Synthesis, AKR, Cowell Development, Pollux Development, dan pengembang lainnya.

Hal yang sama dilakukan perusahaan waralaba jasa pemasaran properti Century21 Indonesia yang membuat aplikasi One21 untuk mengintegrasikan jaringan layanan bagi sekitar 6.000 agen propertinya yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dengan aplikasi ini, sebagai master franchise, Century21 Indonesia berharap sistem penjualan dan pemasaran oleh member broker dan marketing associate menjadi lebih optimal karena lalu lintas informasi, dan data listing, serta progress penjualan ter-update secara real time.

Country Director Century 21 Indonesia, Hendry Tamzel mengatakan, pihaknya ingin memanfaatkan perkembangan teknologi informasi untuk memperkuat sistem organisasi pemasaran pada jaringan agen properti yang bernaung di bawah bendera Century21 Indonesia.

Menurutnya, pembuatan aplikasi One21 menjadikan semua listing dari seluruh member broker dan marketing associate Century21 Indonesia dapat dilihat dari aplikasi tersebut, sehingga meningkatkan peluang properti yang dipasarkan cepat terjual. “Aplikasi One21 ini terobosan untuk mensinergikan sekitar 6.000 agen properti yang bergabung dengan kami. Kinerja mereka akan terbantu dengan peluang closing yang paling tinggi. Mereka menjadi lebih efisien dan efektif dalam melakukan penjualan,” ujar Hendry .

Hendry bilang, peluncuran aplikasi tersebut merupakan tonggak sejarah yang menandai 20 tahun lamanya Century21 Indonesia telah berkiprah di industri broker properti. One21 dirilis secara resmi di ajang One21 Annual Award and Recognitions Night 2018 pada akhir Februari 2018. Hendry mengatakan, penerapan aplikasi One21 di lingkungan Century21 Indonesia memberikan beberapa keuntungan bagi para agen. Pertama, dapat melihat listing dari kantor masing-masing sehingga memudahkan member broker untuk monitoring.

Kedua, bisa chatting atau berkomunikasi secara gratis via aplikasi antar agen di lingkungan Century21 Indonesia, sehingga menciptakan efisiensi dan efektifitas dalam bekerja. Ketiga, memudahkan dalam mengelola listing properti, seperti melakukan upload profil proyek dan properti.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia