Bali The Land of Property Opportunities

12 February 2019 12:02

Beberapa dekade lalu, berwisata untuk menikmati keindahan Bali hanya dilakoni oleh para wisatawan asing dan orang-orang berkocek tebal. Bisa dimaklumi, saat itu transportasi, khususnya akses penerbangan menuju Bali masih segelintir dan biaya yang tergolong tinggi. Sementara, melalui darat membutuhkan waktu panjang. Hal ini semakin klop dengan ketersediaan akomodasi yang terbatas dengan tarif yang tidak murah.

Kondisi ini terus berlanjut hingga akhirnya industri penerbangan berubah. Dengan konsep berbiaya rendah, berbagai daerah pariwisata terpencil sekalipun dapat di akses dengan mudah oleh seluruh lapisan masyarakat, tak terkecuali Bali. Sepanjang Januari sampai Desember 2018, misalnya, tercatat sebanyak 6,1 juta turis asing mengunjungi Bali. Jumlah ini meningkat sebesar 600 ribu wisatawan dibanding tahun 2017.

Seiring waktu, daerah bergelar Pulau Dewata ini tidak hanya menjadi destinasi wisata utama di Asia, namun juga menjadi daerah investasi prospektif, khususnya di sektor properti. Lihat saja, sejak sepuluh tahun terakhir, berbagai jenis properti kian menjamur di sini. Dalam kondisi aktual, setidaknya terdapat ribuan properti komersial mulai dari residensial, hotel, dan villa yang tersebar dengan ragam konsep, harga, jumlah unit, fasilitas dan lokasi beragam. Mulai dari pemandangan pantai dan laut, tebing, sawah, sungai, kebun tropis serta pemandangan hutan hujan tropis.

Pasokan yang terus bertumbuh dan tidak terkontrol tersebut, belakangan membuat properti di Bali di sebut-sebut over supply atau mengalami kelebihan pasokan, sampai-sampai mengakibatkan persaingan harga yang signifikan. Yang menarik, terlepas apapun kondisi yang dialami, pembangunan properti di Bali tetap terus berlanjut dan Bali masih tetap seksi di mata investor properti. Sebab, memiliki properti di Bali tidak hanya memikat dari segi investasi namun juga menaikkan gengsi tersendiri.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia