CitraLand City Losari Makassar Hunian Sekaligus Pusat Bisnis Tepi Laut di Jantung Kota Makassar

13 April 2018 10:49

Posisinya yang strategis menjadikan CitraLand City Losari sebagai ikon baru tempat tinggal, bekerja serta kawasan rekreasi modern berkelas premium di jantung Kota Makassar.

CitraLand City Losari merupakan kawasan superblok hasil kolaborasi antara Ciputra Group dan PT Yasmin Bumi Asri dalam joint operation (JO) Ciputra-Yasmin. CitraLand City Losari sendiri berada dalam kawasan reklamasi Centre Point of Indonesia (CPI) seluas 157,23 hektar yang dicetuskan tahun 2009 oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo. Kawasan reklamasi dengan rancangan induk (master plan) berbentuk burung Garuda Raksasa itu merupakan ide kreatif arsitek Danny Pomanto sebelum menjadi Wali Kota Makassar.

Guna menyesuaikan dan menyempurnakan rancangan induk burung Garuda tersebut, JO Ciputra-Yasmin menunjuk DP Architects asal Singapura sebagai arsitek sekaligus pembuat master plan CitraLand City Losari. Sementara itu, kontraktor pelaksana reklamasi CPI dipercayakan pada PT Boskalis Internasional Indonesia serta konsultan Witteveen+Bos yang sangat berpengalaman sebagai konsultan proyek reklamasi kelas dunia.

CPI memiliki perizinan yang sangat lengkap dan telah melalui berbagai proses yang komprehensif dan transparan hingga penyempurnaan terkait hasil wave study, dan bathymetric study sejak 2014. Managing Director Ciputra Group, Harun Hajadi, mengatakan saat ini penimbunan reklamasi tahap pertama seluas 100 ha telah selesai 100%. Menurutnya proyek reklamasi hingga infrastuktur tahap pertama akan menelan investasi sekitar Rp3,5 triliun.

Meski pembangunan kawasan reklamasi seluruhnya dibiayai oleh Ciputra-Yasmin, namun 32% dari 157 ha kawasan reklamasi atau sekitar 50 ha akan diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Di atas lahan tersebut sedang dibangun fasilitas pemerintah dan ruang publik seperti Wisma Negara, Masjid 99 kubah, Rumah Sakit, Ruang Terbuka Hijau, serta Lapangan Karebosi Baru atau New City Centre. Sementara itu, JO Ciputra Yasmin menggarap lahan seluas 106 ha untuk dijadikan kawasan hunian, pusat komersial termodern dan berkelas premium. “Jika dibandingkan dengan proyek reklamasi lainnya di Indonesia, ini adalah kontribusi terbesar yang pernah diberikan pihak swasta kepada pemerintah,” ujar Harun.
(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia