Desain Interior: Sejuta Pesan Lewat Ruang Komunal (1)

30 January 2018 11:27

Rubrik interior Majalah Properti Indonesia edisi Januari 2018 membahas interior dengan judul Sejuta Pesan Lewat Ruang Komunal. Disebutkan bahwa ruang berkumpul atau ruang komunal kini semakin diminati. Tidak hanya di tempat – tempat terbuka dan resto, ruang komunal juga jadi titik temu anggota keluarga hingga penghuni apartemen.

Kata komunal sejatinya berasal dari kata communal, yang berarti berhubungan dengan umum.
Dengan demikian ruang komunal (communal space) bisa diartikan sebagai tempat cerdas untuk bertemu, bersatu atau berkumpul untuk memenuhi segala keinginan individu.

Dewasa ini, ruang-ruang yang memiliki sifat komunal tengah menjadi trend di berbagai kalangan masyarakat, khususnya di perkotaan. Hal ini tak lepas dari kebutuhan manusia sebagai mahluk sosial yang memerlukan ruang untuk berinteraksi dan beraktivitas, sementara ruang terbuka untuk bersosialisasi kian terbatas. Jadilah kafe-kafe atau resto yang menyediakan ruang komunal tersebut menjadi lokasi favorit untuk berkumpul.

Arsitektur interior dan landscape dari Architland Design, Apidianto, ST., MT., menuturkan, ruang komunal bisa dijadikan sebagai ruang yang memiliki fungsi untuk menampung kegiatan individu, keluarga, masyarakat atau komunitas. “Ruang komunal bisa menjadi fasilitas untuk mewadahi aktivitas seperti tempat berkumpul keluarga dan tempat sosial masyarakat,” ujar Arsitek yang juga penulis buku Inspirasi Desain Rumah Tumbuh ini.

Ahli Perencana Kota sekaligus Presiden dari Minohara Project Conductor’s Office, Kei Minohara, mengatakan, di era modern pola pikir modern coba untuk memisahkan area menjadi dua yakni area privat dan publik. Jika sebelumnya area privat sebagai nilai interior dan publik sebagai nilai eskterior, sekarang pemisahan itu menghilang. Di antara interior dan eksterior ada ruang perantara. Ruang di tengah itu membiaskan batas. Di antara privat dan publik muncul nilai komunal. Nah, masyarakat saat ini lebih memilih nilai komunal tersebut.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia