Diminati Asing, Diincar Investor Domestik

03 October 2017 14:48

Salah satu kota yang berada di Kepulauan Riau ini selalu mampu menjadi magnet bagi siapapun, tak terkecuali warga asing yang ingin memiliki hunian di Batam. Dengan harga yang jauh lebih terjangkau dibanding negara asal, properti Batam didapuk menjadi investasi paling potensial.

Berdasarkan data Analisis Wilayah UrbanIndo, rata-rata harga properti di Batam mengalami lonjatan yang cukup melesat. Sejak awal tahun 2017, misalnya. Kenaikan harga propertinya mencapai 10,48% dengan didukung juga dengan kenaikan di beberapa jenis properti.

Kenaikan harga properti tertinggi terjadi pada tanah yang mencapai 26,79%. Selanjutnya, kenaikan sebesar 10% juga terjadi pada rata-rata harga rumah di Batam. Jika ditelaah lagi, kenaikan rata-rata harga properti ini pun berhubungan erat dengan lokasi Batam yang sangat strategis, yaitu berada di segitiga emas pusat pertumbuhan
Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Harga rumah dan tanah di Batam yang mengalami kenaikan cukup tinggi pun tak penyurutkan jumlah permintaan dari para pencari properti. Pasalnya, kedua jenis properti tersebut memiliki jumlah permintaan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan persediaannya.

Selisih yang paling tinggi terjadi pada sektor perumahan. Tercatat ada 8,39% permintaan rumah yang belum terpenuhi. Bukan hanya rumah untuk dijadikan tempat tinggal, nyatanya ada 0,97% permintaan akan kost yang belum terpenuhi.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:

https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia

atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia