FIABCI MEETING AND GLOBAL BUSINESS SUMMIT 2018 Forum Bisnis FIABCI Pertama di Luar Eropa

16 January 2019 15:22

Untuk pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah untuk acara perhelatan FIABCI Desember Meeting and Global Business Summit 2018. Selain membahas isu utama terkait rumah layak dan keberlangsungan pembangunan pariwisata, dalam ajang bisnis kelas dunia yang dihadiri lebih dari 1000 peserta dari 70 negara tersebut turut ditawarkan proyek-proyek Pipeline yang dikembangkan developer Indonesia senilai Rp68 triliun.

Gelaran FIABCI Desember Meeting and Global Business Summit 2018 berlangsung di The Westin Resort Nusa Dua Bali International Convention Center, Bali, pada tanggal 7 hingga 10 Desember 2018 lalu. Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah untuk kali pertama tersebut sesuai keputusan Kongres Federasi Real Estat dunia atau World Congress FIABCI ke-69 yang diadakan di Dubai, Uni Emirat Arab dari 28 April hingga 1 Mei 2018 lalu.

Acara yang baru pertama kali digelar di luar Benua Eropa ini dibuka oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basoeki Hadimuljono dan diikuti pengembang dari 72 negara, yang diperkirakan mencapai 600 orang ditambah 1.000 anggota REI dari seluruh Indonesia. Para peserta terdiri dari pengembang, lembaga internasional, konsultan, dan perorangan.

FIABCI sendiri adalah organisasi yang berdiri di Prancis 72 tahun silam, dan merupakan organisasi pelaku bisnis properti tertua dan terbesar di dunia. Saat ini, FIABCI telah ada di seluruh belahan dunia dan memiliki jaringan di PBB hingga organisasi internasional lainnya.

Berbeda dengan kongres-kongres sebelumnya, dimana isu utama lebih pada pembahasan dari sisi arsitektur, pusat
perbelanjaan dan lingkungan hidup, untuk tahun ini tema yang diangkat yaitu “Affordable Housing and Sustainable Tourism Development”. Dua isu utama yang saat ini menjadi perhatian dunia, khususnya negara-negara ketiga termasuk prioritas pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

FIABCI Desember Meeting and Global Business Summit 2018 juga turut menghadirkan beberapa pembicara utama seperti Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ATR./Kepala BPN Sofyan Djalil, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Ditjen Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid, Dirjen Imigrasi Kemenkum HAM Ronny Sompie, dan Direktur Bank BTN Maryono. Selain itu akan hadir sejumlah pembicara kelas internasional antara lain Assen Makedonov (Presiden World FIABCI), Giulia Lavagna (UN Habitat), Dao Harrison (World Bank) dan lain-lain.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia