Gandeng Living Well Seniors Communities, Ciputra Residence Kembangkan Club Seniors Citizen

14 September 2018 09:37

Jakarta, MPI-update. Dikembangkan sejak tahun 1984, perumahan CitraGarden City, Jakarta Barat saat ini terus berkembang pesat. Hingga kini kota mandiri seluas 450 hektar tersebut sudah berkembang dalam 11 distrik residensial, serta dilengkapi berbagai fasilitas komersil, rekreasi, pendidikan, kesehatan, sarana ibadah dan lain sebagai.

Tak hanya sekedar kawasan perumahan, saat ini CitraGarden City juga sudah berkembang menjadi hometown (kampung halaman) bagi lebih dari 40 ribu jiwa yang tinggal di kawasan tersebut. Lokasinya sangat strategis, berada dekat bandara internasional Soekarno – Hatta dan kemudahan aksesibilitas JORR (Jakarta Outer Ring Road) menuju ke seluruh pejuru Jabodetabek.

Meiko Handoyo, Senior Director PT Ciputra Residence pengembang CitraGarden City mengatakan, dari hasil survei yang dilakukan pihaknya bekerjasama dengan Living Well Seniors Communities, ada sekitar 50 persen warga CitraGarden City berusia di atas 50 tahun yang dapat digolongkan sebagai senior citizen (orang tua).

“Salah satu hasil survei menemukan, dalam seminggu rata-rata seniors citizen CitraGarden City beraktivitas di luar rumah hanya 3 – 5 jam. Pada umumnya dilakukan saat weekend saja. Padahal mereka merindukan beraktivitas dan bersosialisasi,” kata Meiko di sela-sela acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Operasi Citra Premier, Premier club house bagi seniors citizen, baru-baru di CitraLake Suites Apartment, CitraGarden City, Jakarta.

Karena kesehariannya lebih banyak di rumah tanpa banyak aktivitas, hal ini berpotensi sebagai penyebab mereka mengalami penurunan kualitas hidup. Padahal jika seniors citizen CitraGarden City memiliki kegiatan positif dan terus bersosialisasi di luar rumah, maka mereka dapat meningkatkan kualitas hidup baik dari sisi jasmani, maupun rohani.

Untuk itulah, kata Meiko, PT Ciputra Residence berkolaborasi dengan operator pengelola seniors communities asal negeri Kanguru (Australia), Living Well Seniors Communities untuk mendirikan club bagi seniors citizen di CitraGarden City. Club Seniors yang diberi nama Citra Premier by Living Well Seniors Communities ini juga bekerjasama dengan Ciputra Hospital untuk mengontrol kesehatan dari members-nya dari waktu ke waktu.

Tetap sehat di masa tua

Dalam kesempatan yang sama, Benjamin Cass President Director Living Well Seniors Communities menyatakan, di Indonesia demand terhadap fasilitas kongkow-kongkow atau hangout warga seniors, sebenarnya cukup tinggi. Namun kebanyakan di perumahan menengah atas, membangun club seniors community tidak ada bedanya seperti panti werda, sehingga tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka tidak tercapai maksimal.

“Namun di Citra Premier ini mereka punya banyak kegiatan dan teman untuk diajak ngobrol. Mereka juga dapat melakukan banyak hal, seperti nonton bareng, baca buku, berolahraga, berdiskusi (ngobrol), dan lain sebagainya. Mereka melakukan aktivitas sama seperti waktu muda, sehingga di bawah alam sadar mereka merasa berguna,” jelas Cass.

Cass mengatakan, pihaknya bangga dapat bekerjasama dengan Ciputra Group yang merupakan icon pengembang real estate berintegritas di Indonesia. Di samping itu antara Ciputra Group dengan Living Well Seniors Communities memiliki visi yang sama, untuk menjaga agar para senior dapat menikmati masa keemasan mereka.

“Di sini kami menawarkan lingkungan yang fantastik dengan pemandangan menghadap ke danau dan lengkap dengan fasilitas eksklusif yang memberikan kesempatan bagi para penduduk senior untuk tetap sehat, bugar, belajar keterampilan baru, serta berpartisipasi dalam kegiatan baru dan yang paling penting mendapatkan teman baru,” kata Cass.

Citra Premier Club Seniors Communities di CitraGarden City ini adalah proyek pertama Living Well di Indonesia. Bisnis utama yang induknya di Australia adalah operator pengelola apartemen seniors communities. Dalam perkembangannya meluas di bisnis jasa club seniors communities, yang sudah beroperasi di Australia, China dan Malaysia.

Sementara itu, menurut Edwin Wardhana General Manager CitraGarden City, pengadaan club bagi warga senior merupakan impian sejak lama dari management CitraGarden City, yang dalam beberapa tahun depan proyek ini akan selesai.

“Kami menyadari fasilitas khusus seperti ini sudah sangat dibutuhkan. Ini bukan usaha komersial. Kami ingin meninggalkan legacy yang baik ketika proyek selesai. Kami tidak hanya mementingkan penjualan rumah saja, tetapi sesuai motto Pak Ci (DR. HC. Ir. Ciputra, – Red), Ciputra Group membangun kota dan membangun kehidupan,” kata Edwin.

Karena itu, lanjut Edwin, CitraGarden City selalu memperhatikan kualitas kehidupan orang-orang yang tinggal di kawasan tersebut, terutama orang yang membeli rumah sejak awal proyek ini dikembangkan, dan sekarang ini sudah mencapai 3 generasi. Setidaknya mereka sudah berumur di atas 50 tahun, yang membutuhkan fasilitas khusus.

Aktivitas Citra Premier

Citra Premier ini terletak di tepi danau di Citra Garden 6, Jakarta Barat dan beroperasi mulai dari Senin sampai Jumat, pada pukul 08.00 sampai 16.00 WIB dengan didampingi oleh sekitar 22 staf terlatih, serta mendapat pengawasan langsung oleh tim profesional dari Australia.

Layanan dan fasilitas Citra Premier ini dikemas dalam lingkungan yang nyaman dan setara hotel bintang 5. Adapun fasilitas yang diberikan meliputi berbagai jenis sajian makanan sehat, beragam jenis kegiatan, program kebugaran, bioskop pribadi, perpustakaan, serta fasilitas pemeriksaan kesehatan oleh staf Ciputra Hospital.

Selain itu Citra Premier ini menampilkan hasil karya salah satu seniman paling terkenal di Indonesia yaitu Sidik W. Martowidjojo. Bahkan beberapa lukisan di club house ini merupakan yang pertama kalinya ditampilkan di luar Kraton Yogyakarta. Riz