Infrastruktur Bandara Kian Berkembang Konsep Aerocity Makin Diminati Pengembang

07 June 2018 11:22

Aerocity atau aerotropolis berprinsip pada pengembangan kawasan metropolitan yang berlokasi dan memanfaatkan keekonomian bandara sebagai pusatnya.

Pengembangan kota bandara (aerocity) atau aerotropolis semakin berkembang di Indonesia dan diproyeksi akan memiliki prospek yang cerah. Maklum, karakter Indonesia sebagai negara kepulauan, membuat tingkat mobilitas penduduk yang memanfaatkan transportasi udara seperti pesawat terbang menjadi lebih tinggi dibandingkan negara lain yang bukan kepulauan. Selain itu, transportasi udara juga masih menjadi pilihan utama para wisatawan asing yang ingin berkunjung ke berbagai destinasi wisata Indonesia.

Untuk mengakomodir lonjakan kebutuhan tersebut, hingga saat ini pemerintah juga terus menggenjot berbagai infrastruktur di area bandara agar menjadi lebih layak dan modern. Selain mengembangkan beberapa bandara baru, bandara yang tadinya berukuran kecil lantas direlokasi ke lahan baru sehingga menjadi besar dan modern.

Seiring waktu, pembangunan demi pembangunan tersebut membuat kawasan bandara dan sekitarnya semakin strategis. Aktifitas bisnis juga semakin berkembang sehingga kebutuhan ruang komersial, perkantoran, dan permintaan hunian meningkat signifikan. Salah satu konsep pengembangan kawasan wilayah bandara yang saat ini menjadi trend adalah aerocity.

Hal ini dikarenakan konsep pengembangan aerocity yang mengintegrasikan pengembangan kota dan bandara sebagai pengungkit utama diyakini dapat mengakselerasi perkembangan kota, meningkatkan daya saing wilayah, dan mendukung pengembangan Meeting, Incentive, Conference and Exhibtion (MICE)

Penggagas istilah aerotropolis, John D. Kasarda, seorang profesor di University of North Carolinas Kenan-Flagler Business School dan Direktur dari the Kenon Institute of Private Enterprise, menulis dalam beberapa artikel dan buku, terkait dengan mengapa Aerotropolis menjadi sangat penting di abad 21. Penelitian Kasarda menemukan bukti kehandalan perkembangan kawasan bandara yang dia sebut sebagai “airport power”.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia