Kala Perbankan Syariah Jadi Idola Pembiayaan Properti

08 March 2018 09:46

Meski diwarnai situasi sulit, kinerja perbankan syariah justru masih bisa menunjukkan tajinya. Bisnis perbankan adalah salah satu sektor yang juga terimbas dengan kondisi perlambatan ekonomi. Karena itu, untuk mengatasi hal tersebut, segmen perbankan dituntut untuk terus berbenah, tak terkecuali sistem perbankan syariah. Alhasil, skema pembiayaan perumahan melalui sistem perbankan syariah kini tengah menjadi idola.

Catatan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan terjadinya peningkatan pembiayaan KPR Syariah sebesar 21,69% per Agustus 2017. Angka ini tumbuh lebih baik dari rata-rata pertumbuhan KPR secara konvensional sebesar 10,4% pada bulan yang sama.

Direktur Penelitian Pengembangan Pengaturan dan Perizinan Perbankan Syariah OJK, Aulia Fadly mengatakan potensi pertumbuhan KPR syariah masih cukup besar. OJK mencatat sektor konsumer menyumbang 40,6% dari total pembiayaan syariah. Hingga Kuartal III-2017, pembiayaan syariah mencapai Rp184,98 triliun.

Berdasarkan survei Bank Indonesia Kuartal IV-2017, penyaluran pembiayaan perbankan syariah mencapai Rp277,6 triliun. Angka tersebut mengalami pertumbuhan hingga 15% (yoy) atau lebih tinggi dibandingkan 14,9% pada pariode yang sama tahun sebelumnya.

Sementara itu, pertumbuhan kredit baru kuartal IV-2017 meningkat. Hal ini tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pertumbuhan kredit baru sebesar 94,3%, lebih tinggi dari 77,9% dari kuartal sebelumnya.

Optimis
Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk adalah perbankan yang mengalami peningkatan penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit pemilikan apartemen (KPA) di tahun 2017. Direktur Consumer Banking BTN Budi Satria mengatakan, porsi pembiayaan UUS BTN secara keseluruhan naik 26,46 persen sebesar Rp12,7%. Sedangkan di tahun 2018 UUS BTN menargetkan pertumbuhan sebesar 16,94 persen dari tahun lalu.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia