Keluarga Eka Tjipta Orang Kaya di Bisnis Properti Versi MPI

05 February 2018 10:52

Keluarga Eka Tjipta merupakan orang kaya di bisnis properti menempati urutan kedua menurut majalah Properti Indonesia (MPI) edisi Februari 2018 dengan total Kekayaan Rp 122 triliun

Saat ini, setidaknya ada sekitar 50 portofolio properti dari ketiga perusahaan tersebut yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Termasuk, tiga proy (BSD City) dengan total luas 6000 ha. Kota Deltamas Bekasi seluas 3000 hektar serta Grand Wisata Bekasi dengan total luas lahan 1000 ha. Ketiganya tercatat membangun lebih dari 10 komplek perumahan, baik di dalam negeri maupun luar negeri, 8 gedung perkantoran dan superblok, 3 kawasan industri, 10 pusat perdagangan berlabel ITC yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia, 3 hotel berbintang serta 5 padang golf standar Internasional.

Aksi korporasi yang cukup fantastis adalah saat Sinar Mas Land mengakuisisi hampir 90% kepemilikan saham PT Bumi Serpong Damai (PT BSD) usai krisis moneter 1998. Dalam perjalanannya, Sinar Mas Land mampu mencatat pertumbuhan laba dan asset yang sangat tinggi dari tahun ke tahun. Pada 2014 lalu, misalnya. Sales revenue yang didapat lebih dari Rp7,3 triliun, dengan total asset sekitar Rp3,4 triliun serta kapitalisasi pasar sebesar Rp3,5 triliun.

Pengembang ini juga dikenal “bertangan dingin” karena berhasil membuat proyek-proyek township yang diakuisisi seperti Kota Legenda dan BSD City menjadi lebih sukses dalam penjualannya. Proyek- proyek township lainnya yang juga berhasil meraih kesuksesan adalah Grand Wisata Bekasi dan Kota Deltamas Bekasi. Tak hanya itu, perusahaan properti ini juga berhasil mengantisipasi lonjakan kebutuhan akan lahan industri dalam 4 tahun terakhir dengan mengembangkan beberapa kawasanindustri di Jabodetabek. Antara lain, Karawang International Industry, Greenland International Industrial City Cikarang dan Taman Tekno BSD di Tangerang Selatan.

Pihak Sinar Mas sendiri sebelumnya sempat mengklarifikasi terkait munculnya Eka Tjipta Widjaja sebagai Orang Terkaya di Indonesia. Saat itu, Managing Director Sinar Mas, G Sulistiyanto, menyebutkan, jika sejak tahun 2004, Eka Tjipta telah memutuskan untuk berkonsentrasi pada kegiatan sosial dan tidak terlibat lagi dalamek perumahan skala kota Bumi Serpong Damai pengelolaan atau duduk dalam struktur manajemen perusahaan yang ada dalam pilar bisnis Sinar Mas.

“Jika terdapat sebuah lembaga yang mengeluarkan hasil perhitungan secara menyeluruh atas aset Sinar Mas, jelas terjadi sebuah kekeliruan di sana, mengingat Sinar Mas bukanlah sebuah perusahaan induk. Selain itu, Eka Tjipta Widjaja sendiri sejak lama tidak lagi terlibat dalam pengelolaan perusahaan yang berada di bawah brand Sinar Mas sehingga menempatkan beliau peringkat orang terkaya juga kekeliruan,” ungkap Sulistiyanto saat itu.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia