Kenali Ruang Transisi Si Penghangat Ruangan. Sebuah Ruang Kecil yang Menghubungkan Ruang dalam dengan Ruang Luar rumah

03 October 2017 15:49

Foyer dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai ruang perantara. Sebuah ruang kecil yang menghubungkan ruang dalam dengan ruang luar rumah (bangunan), bisa berupa teras, halaman, bahkan langsung trotoar.

Dengan kata lain, foyer sendiri bisa berfungsi sebagai ruang transisi sementara ketika ada orang atau tamu yang ingin masuk ke dalam rumah. Karena itu, selain mempercantik ruangan, keberadaannya juga mampu memberi nilai tambah terhadap tamu yang datang ataupun ketika meninggalkan rumah.

Awalnya, foyer lazim ditemui pada bangunan di negara empat musim. Di mana fungsinya sebagai pemisah antara ruangan yang bersuhu hangat karena adanya perapian dengan bagian luar yang berudara dingin. Letak ruangan ini biasanya berada persis di balik pintu masuk (pintu utama). Di ruang kecil ini biasanya tersedia tempat menggantungkan mantel dan topi, dengan cermin kecil sebagai pelengkap merapikan diri.

Namun, kini, foyer tidak hanya menjadi penyimpan mantel tapi menjadi ruang kecil tidak fungsional, juga sebagai kebutuhan bagi pemilik rumah untuk ajang “pamer” selera interior mapun status sosialnya. Selain itu, “Budaya” foyer pun merambah hingga ke negara-negara bermusim tropis seperti Indonesia.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:

https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia

atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia