Koridor Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Berharap Penuh dari Akses Tol Becakayu

03 October 2017 15:31

Kalau tak ada aral melintang, ruas tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (tol Becakayu) tahap I direncanakan selesai pada awal 2018 mendatang. Seksi I yang pajangnya 11 kilometer ini membentang antara Kasablanca (Jakarta Selatan) sampai kawasan Jakasampurna (Bekasi) yang merupakan bagian Selatan kota Bekasi.

BAGI warga Bekasi, bisa jadi kehadiran ruas tol tersebut sudah ditunggu sejak lama. Pasalnya, rencana pembangunan jalan berbayar ini sudah diinisiasi sejak era Orde Baru silam. Namun, karena krisis moneter 1998 menghadang, akhirnya mengakibatkan proyek ini terlantar hingga bertahun-tahun lamanya. Tol Becakayu pun mangkrak layaknya sejumlah proyek infrastruktur akibat mandeknya pembiayaan dari perbankan yang sedang babak belur dihajar krisis kala itu.

Terhitung mulai awal 2015, tol Becakayu kembali dimulai pembangunannya. Titik awalnya terjadi pada Oktober 2014, saat Menteri Pekerjaan Umum yang ketika itu dijabat Djoko Kirmanto meletakkan batu pertama kelanjutan pembangunan jalan Tol Becakayu, hanya selang beberapa hari berakhirnya pemerintahan Presiden SBY.

Rencananya, pembangunan Tol Becakayu akan menghubungkan Bekasi ke Jakarta sepanjang 21,042 kilometer. Pembangunan jalan tol ini akan terdiri dari 2 seksi yakni Seksi I dari Kasablanca hingga Jaka Sampurna sepanjang 11 km dan seksi 2 dari Jaka Sampurna hingga Duren Jaya sepanjang 10,04 Km.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:

https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia

atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia