Kredit Properti via Fintech Cara Mudah Beli Rumah Tanpa Harus Tatap Wajah

13 April 2018 10:41

Sebagai platform peer to peer lending yang menawarkan investasi properti berjamaah (crowdfunding), strategi pembiayaan Fintech properti semakin diminati generasi milennial. Dianggap disrupsi bagi bank konvesional.

Perkembangan teknologi finansial (fintech) di era digital di Indonesia berkembang sangat pesat kurun lima tahun terakhir. Lebih dari 50 juta dolar dikucurkan para venture capital untuk berinvestasi di Fintech sejak tahun 2013. Menurut Henky Suryaputra, Chief Financial
Officer Bank Sahabat Sampoerna, sebagian besar fintech fokus pada kredit konsumen multi guna tanpa agunan. Sementara yang secara spesifik bermain kredit properti masih terbatas. ”Volume fintech baru sekitar 14 miliar dolar US. Masih relatif kecil dibandingkan total kredit perbankan yang mencapai lebih dari 350 miliar dolar US,” ujarnya.
Menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) saat ini ada 235 perusahaan fintech, namun hanya 36 fintech yang terdaftar dengan rincian 21 perusahaan milik investor lokal dan 15 merupakan PMA. Selain itu, masih ada 42 perusahaan dalam proses pendaftaran dan 42 berminat untuk mendaftar. Laporan Asosiasi Fintech Indo nesia mengungkap, fintech di Indonesia didominasi oleh pembayaran (payment) sebesar 39% danpPinjaman (lending) 32%.

Salah satu yang membuat fintech begitu cepat diterima masyarakat khususnya generasi milenial adalah proses pembiayaan dilakukan secara online. Bahkan tidak ada tatap muka antara debitur, fintech atau investor. Direktur Kebijakan Publik Asosiasi Fintech Indonesia M. Ajisatria Suleiman mengatakan target pasar pengguna fintech terbesar datang dari kelompok millennial kelas menengah. Adapun, kisaran usianya antara 25-35 tahun dengan pendapatan Rp5 juta sampai Rp15 juta per bulan dan berbekal literasi digital yang baik.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia