Laksmono Kartika, President Commissioner PT Lamicitra Nusantara Tbk Andalkan Intuisi dan Jeli Membaca Peluang

16 January 2019 15:28

Ketajaman intuisi dan jeli dalam membaca peluang, sukses mengantarkan Laksmono Kartika sebagai developer properti yang cukup diperhitungkan di Surabaya. Lebih dari 4 dekade berkiprah di bisnis padat modal ini, hampir semua lini telah dimilikinya. Seperti apa perjalanan bisnis Laksmono?

Pengembang PT Lamicitra Nusantara Tbk adalah salah satu perusahaan properti yang hingga kini masih terus eksis dalam membangun negeri, meski telah lebih dari empat dekade berdiri. Sejumlah properti legendaris di Surabaya, seperti Jembatan Merah Plaza, Darmo Hill Estate serta Tunjungan Hotel Surabaya adalah bukti nyata dari kerja keras perusahaan properti yang dirintis oleh Laksmono Kartika, sejak tahun 1975 tersebut.

Ditemui beberapa waktu lalu saat peluncuran proyek terbarunya di Surabaya, Laksmono- begitu ia disapa, tampak terlihat segar meski di usia 65 tahun. “Halo, ayo duduk-duduk, kita ngobrol,” ujarnya membuka perbincangan. Dalam balutan batik lengan panjang warna krem-cokelat muda dipadu celana katun serta sepatu pantopel hitam, Laksmono tampak sumringah. Maklum, siang itu Ia baru saja meresmikan Darmo Hill Apartment yang berada dalam kawasan perumahan Darmo Hill Estate di Surabaya Barat.

Dalam perbincangan santai siang itu, Laksmono menceritakan awal mula ia merintis bisnis properti dari nol. “Saat itu, kerja apa saja saya jalani. Dari nol, nggak ada modal sama sekali. Tapi saya punya pengetahuan, saya punya komitmen, dan juga punya intuisi,” kenang Laksmono. Lamicitra Nusantara adalah entitas induk yang Laksmono rintis dari nol bersamaan dengan PT Bhaktijaya Dwipaparamitha, perusahaan yang mengoperasikan bengkel dan pergudangan serta perbaikan mesin-mesin.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia