Laporan Bisnis Properti dari Trade Zone Batam (3)

10 October 2017 12:38

Grup Ciputra termasuk salah satu pengembang nasional yang turut memperluas sebaran portofolionya di Batam. Proyek pertama mereka di Batam berbentuk landed house. Berkolaborasi dengan pengusaha lokal, PT Artha Megah Propertindo, Grup Ciputra mendirikan CitraLand Megah Batam.

Di atas lahan seluas 15 ha, perumahan ini merangkum 4 cluster perumahan dan beberapa area komersial. Unit yang dipasarkan adalah Cluster Royal Hill yang berluas 2,5 hektar, merangkum 73 unit dan terdiri atas 3 varian tipe, yakni tipe 245 m2 seharga Rp3,8 miliar, sampai tertinggi untuk tipe 490 m2 seharga Rp5,8 miliar. CitraLand Megah Batam juga memasarkan rumah Tipe Penthouse di Cluster ke 2 Royal Valley bertipe 425 m2 seharga Rp7,99 miliar.

Menyusul CitraLand Megah Batam, Ciputra Group melalui anak usahanya Ciputra Residence juga melansir kawasan bisnis terpadu dan terintegrasi, Citra Aerolink Batam yang berlokasi di kawasan industri Kabil Integrated Industrial Estate (KIIE). Posisi Citra Aerolink Batam terbilang strategis karena berada diantara Bandara Internasional Hang Nadim dan Pelabuhan Citranusa Kabil yang notabene merupakan kawasan pengembangan bisnis area baru untuk kota Batam.

“Potensi Batam sebagai salah satu daerah pusat pengembangan industri nasional serta aksesnya yang dekat Singapura membuat kami berupaya memanfaatkan sebaik-baiknya. Citra Aerolink Batam akan menyediakan kebutuhan para pelaku industri dengan pengembangan area komersial bisnis yang terintegrasi antara logistic dan Office Park,” terang Direktur Ciputra Group, Hendry Tamzel.

Citra Aerolink Batam menawarkan beberapa ukuran unit mulai 300m2 – 500m2 yang disesuaikan dengan kepentingan para pembelinya. Berbagai type sudah siap dipasarkan yaitu Aerolink Bronz 10 dengan ukuran 10x30m2, Aerolink 12 Silver dengan ukuran 12 x 30m2 dan Aerolink 12 platinum dengan ukuran 12 x 14 m2. Sementara, harga yang ditawarkan mulai Rp2,7 miliar sampai dengan Rp5 miliar. “Saat ini tahapan pembangunan Citra Aerolink Batam sudah mulai konstruksi dan pembangunan infrastruktur,” ujar Hendry.

Masih di kawasan Batam, dalam waktu dekat Ciputra Group melalui Ciputra Residence juga kembali akan meluncurkan proyek properti berbentuk superblok bertajuk Citra Plaza Nagoya yang berlokasi di Nagoya. Berkolaborasi dengan PT Supreme Global Investment (SGI) dan PT Batama Nusa Permai Ciputra Group akan merevitalisasi kawasan Nagoya City Walk menjadi kawasan properti terpadu di Batam yang terdiri dari tiga tower apartemen yang merangkum 1900 an unit.

Sebagai pengembangan tahap pertama, akan dibangun sebanyak sebuah menara apartemen setinggi 35 lantai dengan total 696 unit. Adapun, unit yang ditawarkan mulai dari tipe studio, 1BR, dan 2BR dengan harga mulai dari Rp400 jutaan sampai tertinggi Rp1 miliar.

Pengembang berikutnya yang optimis dengan potensi Batam adalah Agung Podomoro Land yang juga membangun dengan konsep kawasan hampir serupa dengan Ciputra Group. ; hunian tapak, apartemen dan komplek ruko. Melalui PT Dimas Pratama Indah (akuisisi), proyek senilai Rp1,5 triliun yang mulai dikembangkan pada 2013 ini diberi nama Orchard Park Batam.

Proyek seluas 42 hektar itu terdiri dari 1.200 hunian tapak (landed), 140 unit Shophouses sebagai tempat bisnis, niaga dan perkantoran yang sudah terjual habis, pusat gaya hidup dan hiburan bernama Park Avenue, serta Orchard Club House. Sejumlah hunian tapak tersebut tersebar di beberapa klaster Orchard Park Batam yakni Vitis, Carica, Citrus, yang dipasarkan di tahap pertama, dan sudah terjual 99 %. Klaster Persea dan Durio yang dipasarkan ditahap kedua juga sudah mencapai 72% penjualannya.

Teranyar, Orchard Park kembali meluncurkan sebuah hunian vertikal ekslusif bertajuk Orchard View. Dibangun di atas lahan seluas, 1,2 hektar, apartemen Orchard View akan menghimpun sebanyak 2 tower — Tower Verde dan Azura — dan merangkum sebanyak1.219 unit apartemen.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:

https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia

atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia