Material: Optimis Tinggi Para Produsen Sanitari Setelah Sejumlah Produsen Membuka Pabrik di Indonesia. Pengembang pun Digandeng untuk Menggenjot Penjualan

14 September 2018 14:18

Sejumlah produsen sanitari membuka pabrik di Indonesia. Pengembang properti digandeng untuk menggenjot penjualan.
Bisnis perlengkapan kamar mandi dan dapur atau sanitari di Indonesia memiliki pasar yang besar. Apalagi sektor properti di Indonesia yang terus berkembang ikut memberi harapan besar bagi industri sanitari. Tak heran jika para produsen sanitari di Indonesia makin ekspansif dan pemainnya terus bertambah.

Salah satu produsen sanitari yang optimis adalah Kohler Co asal Amerika Serikat (AS). Untuk itu Kohler tengah membangun pabrik di Greenland International Industrial Center (GIIC), Kota Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Larry Yuen, Group President Kitchen & Bath Kohler Co menjelaskan, pihaknya sebenarnya sudah berbisnis di Indonesia sejak 35 tahun terakhir. Hanya saja pihaknya merasa saat ini perlu punya basis produksi sendiri di Indonesia.

“Lewat nilai investasi sekitar US$ 100 juta kami yakin pabrik ini bisa beroperasi di 2019 nanti,” jelas Larry. Pabrik ini punya kapasitas produksi sebesar 1 juta unit per tahun. Pemilihan pabrik di Cikarang mengingat pasar terbesar Kohler ada di Jakarta. “Sebelumnya kami sudah punya 50 pabrik di seluruh dunia. Tapi kurang lengkap bila belum punya di Indonesia,” jelasnya.

Nantinya pabrik ini akan memproduksi kebutuhan kamar mandi. Sedangkan untuk kebutuhan seperti dapur masih akan diimpor sambil melihat perkembangan pasar di Indonesia. Meski konsumsi energi di Indonesia cukup tinggi pihaknya tidak merasa ada masalah. Ditambah bahan baku seperti Kaolin sudah tersedia di Indonesia.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota
Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:

https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia