Menanti Industri Halal di Indonesia. Padahal Indonesia adalah Negara dengan Konsumen Terbesar Produk Makanan Halal Dunia

10 August 2018 11:26

Di Indonesia, industri halal belum diterapkan secara maksimal. Padahal Indonesia adalah negara dengan konsumen terbesar produk makanan halal dunia.

Indonesia merupakan negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. Hal ini membuat Indonesia menjadi pasar terbesar di dunia bagi produk- produk halal. Namun Indonesia baru sebatas pasar dan belum menjadi pelaku. Padahal, Indonesia sebenarnya sangat mampu untuk memproduksi produk-produk halal yang dapat dikonsumsi di dalam negeri maupun diekspor.

Industri halal global malah dirajai oleh sejumlah negara yang bukan negara dengan persentase penduduk muslim yang besar. Industri makanan halal global dirajai oleh Thailand yang hanya memiliki persentase penduduk muslim sebesar 5%. Sementara itu, Australia telah memproduksi dan mengekspor daging sapi halal. Korea Selatan yang terkenal dengan industri kecantikannya juga merajai industri kosmetik halal dunia. Adapun industri tekstil halal didominasi oleh China.

Industri halal berkembang pesat di dunia. Industri semacam tersebut adalah hasil dari dikembangkannya rantai pasok halal atau halal supply chain. Maksudnya adalah, produksi barang atau jasa dari hulu hingga hilir memiliki standar dan sertifikasi halal. Bisnis yang berbasis pada sistem ekonomi Islam itu bukan hanya dikembangkan oleh negara-negara berpenduduk mayoritas Islam, tetapi juga negara-negara yang sebagian penduduknya non-muslim. Industri halal dianggap sebagai peluang besar yang menjadi kebutuhan dan gaya hidup (halal lifestyle).
Ada 10 sektor halal lifestyle yang memberikan kontribusi besar dalam perekonomiandunia. Yaitu: food, finance, travel, cosmetif, education, fashion, media recreation, pharmaceuticals, medical, dan art & culture. Global Islamic Economic Report tahun 2015 memaparkan, nilai ekonomi halal industri mencapai 1,8 triliun dolar AS. “Tren konsumen halal lifestyle meningkat dan berkembang besar. Kalo pada 2015 nilai ekonomi mencapai 1,8 triliun dolar AS,maka tahun 2020 diperkirakan mencapai 2,6 triliun dolar AS,”ungkap Sapta Nirwandar, Ketua Indonesia Halal Lifestyle Center (IHLC)

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia