Nanik J Santoso, Senior Director Ciputra Group Sukses Membidani Proyek Zero to Hero

16 May 2018 14:22

Tak pernah terbesit di benak Nanik J Santoso, jika Ciputra Group bakal menjadi perusahaan properti terkemuka di Indonesia. Maklum, saat ia bergabung pada 28 tahun silam, Ciputra hanyalah developer baru dengan satu portofolio saja. Lantas, seperti apa dedikasi dan totalitas salah satu Senior Director pada Ciputra Group ini ?

SAAT ditemui di kantor Ciputra Group, Jakarta, pertengahan April lalu, Nanik J Santoso tampak lebih segar dengan balutan dress batik beraksen kuning-hitam. “Hallo…. apa kabar?, maaf menunggu,” begitu sapa ramah Nanik kepada tim Properti Indonesia. Di ruang meeting dengan view gedung-gedung pencakar langit Jakarta pagi itu, Nanik bertutur ihwal kiprahnya selama 28 tahun berkarir di Ciputra Group.

Nanik yang bergabung dengan Ciputra Group sejak Juli 1990 itu memulai karirnya sebagai Business Development Assitent Manager hingga akhirnya didapuk sebagai Senior Director Ciputra Group. Sebelum mengemban posisi teras tersebut, berbagai posisi dan jabatan penting pernah dilakoni jebolan Master of Business Administration dari PPM Jakarta ini. Nanik tak sungkan melakukan banyak pekerjaan. Menurutnya, itu cara terbaik untuk memperkaya diri dengan berbagai pengalaman.

“Macem-macem lah, pernah jadi Business Development Manager, Marketing Manager, Corporate Finance Senior Manager, Corporate Secretary Ciputra Development, Deputy Director Ciputra Group. Director Ciputra Surya hingga Corporate Legal Ciputra Group, padahal saya gak ada background hukum,” papar alumi Teknik Sipil Universitas Brawijaya ini.

Nanik tak pernah menyangka, Ciputra menjadi perusahaan properti terkemuka di Indonesia. “Saat itu proyek Ciputra Group baru satu, yaitu Citra Garden City. Jadi saya termasuk batch pertama bersama anak-anak Pak Ci (Ir. Ciputra) mengembangkan bisnis Ciputra Group usai mereka sekolah di luar negeri,” jelas wanita pecinta batik ini.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia