Orang2 Kaya di Bisnis Properti: Chairul Tandjung Menggurita Lewat Bisnis Retail

05 February 2018 13:33

Majalah Properti Indonesia (MPI) edisi Februari 2018 menurunkan 11 orang terkaya di bisnis properti di antaranya adalah Chairul yang memiliki Total Kekayaan Rp48,7 triliun. Mmemulainya bisnisnya ketika ia kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Sempat jatuh bangun, akhirnya ia sukses membangun bisnisnya.

Kepiawaiannya dalam membangun jaringan dan sebagai pengusaha, membuat bisnisnya semakin berkembang, dan mereposisikan dirinya ke tiga bisnis inti: keuangan, properti, dan multimedia. Di bidang keuangan, ia mengambil alih Bank Karman yang kini bernama Bank Mega. Ia menamakan perusahaan tersebut dengan Para Group. Perusahaan konglomerasi ini mempunyai Para Inti Holdindo sebagai father holding company, yang membawahi beberapa sub-holding, yakni Para Global Investindo (bisnis keuangan), Para Inti Investindo (media dan investasi), dan Para Inti Propertindo (properti).

Mantan Menteri Koordinator Perekonomian pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini, juga mengendalikan sejumlah bisnis ritel. Lewat Trans Retail, pria kelahiran Jakarta pada 16 Juni 1962 silam itu, memiliki Carrefour dan Transmart.

Pada November lalu, CT Corp menandatangani kerja sama dengan perusahaan hotel asal Perancis, AccorHotels, untuk membuka 30 hotel di Indonesia. Selain itu, CT Corp juga tengah membangun superblok Trans Park Cibubur, dan Trans Park Juanda. Kekayaan pria yang mendapat julukan ‘Si Anak Singkong’ ini mencapai 3,6 miliar dollar AS.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia