Pangkas Tahapan Konstruksi Bangunan dengan Sistem Modular

03 October 2017 15:48

Membangun bangunan dengan sistem modular bisa lebih cepat dan lebih murah ketimbang cara konvensional. Pemerintah dan swasta terus mengembangkan sistem modular di Indonesia.

Membangun sebuah bangunan membutuhkan waktu, tenaga, dan biaya yang tidak murah. Dengan perkembangan teknologi, manusia terus berusaha menciptakan sebuah sistem agar membangun sebuah bangunan bisa lebih cepat dan hemat. Salah satunya adalah dengan sistem modular.

Sistem modular merupakan metode pelaksanaan pembangunan dengan memanfaatkan material atau komponen fabrikasi yang disatukan lebih dahulu antar komponennya.

Jadi, sistem konstruksi modular ini tidak memerlukan proses terlalu lama, hanya tinggal meletakkan konstruksi tersebut di atas lahan yang disiapkan. Di luar negeri, pembangunan dengan menggunakan sistem modular sudah cukup lama dikembangkan. Salah satu negara yang sudah menggunakan sistem ini cukup lama adalah Jepang, dan berkembang tidak hanya untuk konstruksi kamar mandi, melainkan langsung bangunan utuh seperti rumah dan pertokoan.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:

https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia

atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia