“Rahasia Sukses Membangun Kekayaan Melalui Bisnis Properti Kost” Memasuki Masa Pensiun dengan Nyaman Tanpa Pusing

09 November 2018 10:41

Banyak orang tidak mempersiapkan masa pensiunnya sejak dini, hingga pada saat pensiun mereka akhirnya pusing sendiri. Kenapa bisa seperti itu?

Melihat orang-orang yang ada di sekitar kita, kebanyakan pasti tidak mempersiapkan masa pensiunnya dan perencanaan keuangannya sejak dini. Ketika memasuki masa pensiun umur mulai 40an bahkan ada yang pensiun ketika umur 55 tahun dan 60 tahun. Mereka terpaksa masih harus bekerja baik itu kembali mencari pekerjaan, ataupun membuka usaha di rumahnya, hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Apakah Anda banyak menemukan orang–orang seperti itu di lingkungan Anda? Atau mungkin kita adalah salah satu di antaranya atau calon pensiun yang akan menjadi seperti itu?

Pokok permasalahan tersebut bisa terjadi karena salah satu penyebab utamanya yaitu tidak memiliki persiapan membangun aset atau bisnis yang bisa memberikan penghasilan untuk hari tua. Faktanya, kebanyakan orang menggunakan mindset bahwa “kita masih muda, hidup harus dinikmati” atau “tidak apa–apa, nanti juga dapat lagi uangnya tinggal cari saja”. Padahal belum tentu selalu bisa menemukan moment yang bisa menghasilkan banyak uang.

Sayangnya sebagian besar orang menghabiskannya uang yang diperolehnya untuk gaya hidup seperti membeli rumah baru, mobil baru, handphone baru dan tentunya liburan ke tempat–tempat baru. Tanpa ada perencanaan untuk memikirkan bagaimana nasib keluarga dan si buah hati, jika saat pensiun atau tidak mempunyai penghasilan lagi. Bagaimana menunjang biaya hidup dan pendidikan si buah hati?.

Karena sebagian masalah–masalah diatas ditulis Iwan Kenrianto dalam bukunya yang berjudul “Rahasia Sukses Membangun Kekayaan Melalui Bisnis Properti Kost”. Penulis mencoba berbagi pengalaman dalam membangun persiapan untuk masa pensiun. Iwan yang saat ini masih berumur 32 tahun (2018), sudah memikirkan hal tersebut.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia