Penyedotan Air Tanah Tak Terkendali Siap-siap Jakarta Amblas. Benarkah Jika Tidak Diantisipasi, Jakarta Diprediksi Tenggelam Beberapa Tahun ke Depan?

15 October 2018 16:11

Penyedotan air tanah secara besar-besaran diduga menjadi salah satu penyebab terjadinya penurunan tanah di wilayah DKI Jakarta setiap tahunnya. Benarkah jika tidak diantisipasi, Jakarta diprediksi tenggelam beberapa tahun ke depan?

Penurunan tanah (land subsidence) adalah suatu fenomena alam yang banyak terjadi di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Bangkok, Shanghai hingga Tokyo, yang berdiri di atas lapisan sedimen. Bahkan, untuk wilayah Jakarta, fenomena ini ternyata telah cukup lama berlangsung dan mendapat perhatian khusus para peneliti dan aktivis lingkungan.

Heri Andreas, peneliti Geodesi Institut Teknologi Bandung (ITB) mengatakan, penurunan tanah di Jakarta Utara mulai dari 25 cm setiap tahun. Jika tidak dilakukan apa-apa, maka pada tahun 2050 sekitar 95% wilayah Jakarta Utara diprediksi dapat tenggelam. “Ini adalah salah satu penurunan tanah terbesar di dunia, karena dalam 10 tahun penurunannya mencapai 2,5 meter,” kata Heri Andreas.

Doktor di bidang geodesi ITB ini menegaskan, bahwa peluang Jakarta untuk tenggelam tidak mengada-ada karena didukung data dan realita yang ada. Tak hanya di Jakarta Utara, penurunan tanah juga terjadi hampir di seluruh kawasan Jakarta. Penurunan tanah di Jakarta Barat mencapai 15 cm dan 10 cm di Jakarta Timur, sementara Jakarta Pusat tanah turun 2 cm dan 1 cm untuk wilayah Jakarta Selatan setiap tahunnya.

Heri menyampaikan, bahwa dengan laju penurunan tanah di sepanjang pantai utara Jakarta maksimum 5 cm/tahun tanpa ada upaya mencegah penurunan tanah, maka pada tahun 2020 beberapa lokasi di pantai utara Jakarta dapat tergenang sampai kedalaman 0,6 meter dan tahun 2050 hingga kedalaman 2,2 meter.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia