Perkuat Ekspansi Lewat Optimalisasi Lahan Revitalisasi

08 March 2018 09:43

Banyak cara untuk mendongkrak nilai sebuah properti. Salah satunya adalah melakukan revitaliasi. Menurut wikipedia, revitalisasi adalah suatu proses atau cara dan perbuatan untuk menghidupkan kembali suatu hal yang sebelumnya terberdaya. Revitalisasi bisa dilakukan untuk sebuah properti dan kawasan. Nilai tambah dari revitalisasi adalah harga tanah dan properti di lingkungan sekitarnya bakal melonjak.

Di luar negeri, kegiatan revitalisasi sudah banyak dilakukan. Seperti proyek revitalisasi kawasan Tneghe Bishan-Ang Mo Kio Park di Singapura. Terletak di antara dua lingkungan yang menonjol (Ang Mo Kio dan Bishan), The Bishan-Ang Mo Kio Park berada di lahan seluas 62 hektare.

“Sungai yang tadinya sering meluap dan menimbulkan banjir, sekarang jadi lebih tertata dan tersistem. Penduduk yang tinggal di sana juga senang, karena pemandangan sungai lebih indah dengan adanya taman-taman,” ujar Anton Siur, Senior Architectural Associate Atelier Dreiseitl Asia Pte Ltd, kepada Kompas.com. Kanal tersebut menawarkan berbagai fasilitas baru antara lain 3 taman bermain bertema yakni taman bermain gelembung, taman bermain air dan taman bermain petualangan. Selain itu, ada fasilitas pembersihan biotope, makanan dan rekreasi, galeri baru riverside, dan ruang hijau yang terbuka.

Fasilitas lainnya yaitu zona refleksi kaki, jalur berlari untuk anjing dan toilet. Sungai sepanjang 3 kilometer ini telah menjadi tempat rekreasi bagi 3 juta pengunjung setiap tahun.Sungai dan area sekitarnya telah menjadi rumah bagi 59 spesies burung dan 23 spesies capung. Tidak hanya itu, penghijauan di area ini pun meningkat sebesar 12 persen.

Proyek revitalisasi The Bishan-Ang Mo Kio Park, Singapura membuat harga properti meroket 30 persen. Salah satu properti yang mengalami lonjakan harga di area tersebut adalah apartemen sewa Bishan Park Condo. Apartemen ini telah berdiri sejak 1994 dengan total 10 lantai tersedia 320 unit.
(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia