Perumahan Dekat Commuter Line Makin Diminati

14 December 2018 11:04

Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan commuter line sehingga pilihan hunian dekat atau terintegrasi dengan stasiun cenderung semakin diminati.

Pemerintah berharap animo masyarakat untuk memilih kereta api ketika melakukan perjalanan akan terus meningkat, sehingga target penumpang yang terlayani KRL pada tahun 2019 sebesar 1,2 juta penumpang dapat terealisasikan.

Untuk itu berbagai upaya dilakukan, mulai dari melakukan modernisasi stasiun, penambahan stasiun, sampai melakukan pembangunan double-double track.

Bagi masyarakat urban, menggunakan moda transportasi commuter line merupakan pilihan yang tepat ditengah kondisi kemacetan yang semakin parah. Tak heran jika kemudian perumahan-perumahan di sekitar stasiun commuter line tumbuh subur bak jamur di musim hujan. Tinggal di dekat stasiun commuter line memang menyenangkan.

Tidak hanya efisien dari segi biaya, punya rumah dekat stasiun pun dapat memberikan beberapa keuntungan lain. Antara lain lebih cepat ke kantor, mudah kemana-mana, dan harga jual tinggi. Pilihan rumah dekat stasiun kini juga beragam, dari sisi harga, desain, dan dilengkapi berbagai fasilitas penunjang.

Head of Advisory Jones Lang LaSalle (JLL), Vivin Harsanto mengatakan, saat ini masyarakat mulai cenderung kembali ke hunian yang terintegrasi dengan infrastruktur transportasi massal, seperti commuter line. “Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan commuter line sehingga pilihan hunian dekat atau terintegrasi dengan stasiun cenderung semakin diminati,” ujar Vivin.

Nada yang sama disampaikan oleh Ferry Salanto, Senior Associate Director Research Colliers International Indonesia, yang mengatakan hunian pasti akan menjamur di sekitar simpul-simpul stasiun. Hal ini terjadi lantaran penggunaan commuter line yang saat ini dianggap sebagai transportasi massal yang paling efektif menuju ke Jakarta. “Kita lihat di sekitar Stasiun Maja yang sudah banyak kawasan hunian baru. Kelak stasiun selanjutnya seperti Citeras dan Rangkasbitung juga akan banyak hunian baru,” ungkap Ferry. MPI YS

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia