Pesona Cibubur yang Tak Pernah Luntur. Didukung Kelengkapan Fasilitas, Menjadi Kawasan Elit di Timur Jakarta

04 December 2017 12:29

Kawasan Cibubur merupakan daerah potensial bagi investasi properti, khususnya pengembangan kelas menengah dan menengah atas. Selain didukung kelengkapan fasilitas, citra Cibubur sebagai kawasan elit membuat kawasan ini semakin diburu. Kekinian, tak hanya hunian, pengembangan area komersial dan pusat bisnis pun kian pesat.

Tak banyak orang tahu, bila secara administratif Cibubur merupakan salah satu kelurahan yang ada di Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Berada di jalur paling ujung selatan Jakarta Timur, dan berbatasan langsung oleh 4 wilayah sekaligus, yakni Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Depok. Fakta inilah yang membuat posisi Cibubur terbilang cukup strategis.

Sementara bila ditilik dari segi geografis, kawasan Cibubur masih tergolong hijau dengan
udara dan hawa yang sejuk. Terdapat danau dan hutan kota sekaligus aset negara yang difungsikan sebagai fasilitas publik, yakni Taman Bunga Wiladatika dan Bumi Perkemahan Pramuka. Selain itu, kawasan ini juga dilewati oleh jalan tol Jagorawi. Itulah sekelumit kelebihan kawasan Cibubur.

Associate Director Knight Frank Indonesia, Hasan Pamudji, mengungkapkan, bahwa pertumbuhan kawasan Cibubur tak terlepas dengan dekatnya dengan pusat Ibu Kota. “Cibubur menarik karena kedekatan dengan pusat kota Jakarta. Selain itu, dibanding daerah penyangga lain, Cibubur masih relatif lebih baik karena kontur tanah berbukit, suasana masih asri dan sejuk, sehingga
cocok untuk hunian,” papar Hasan.

Salah satu area yang pertumbuhannya cukup signifikan adalah koridor jalan Alternatif
Cibubur (Jalan Transyogi). Jalur alternatif yang menghubungkan Cibubur menuju ke Bekasi, Cianjur, maupun Bandung ini terus bersalin rupa. Tengok saja, di kiri dan kanan jalan nampak berbagai fasilitas umum, pusat kuliner, dan sarana hiburan. Dalam radius tak kurang dari 10 kilometer, terdapat setidaknya 7 areal komersial mulai Cibubur Junction, Cibubur Point, Ruko Kranggan Permai, Plaza Cibubur, Mal Ciputra Cibubur, Cileungsi Trade Mall, hingga Metropolitan Mall Cileungsi.

Semua fasilitas itu tak pelak lagi adalah respon dari semakin berkembangnya kawasan Cibubur yang dipicu oleh koridor jalan Transyogi ini. Di jalur ini sekurangnya terdapat perumahan skala menengah dan besar sebut saja Raffles Hill, Legenda Wisata, Citra Gran, Taman Laguna, Legenda Wisata, dan Kota Wisata. Ini belum termasuk puluhan titik perumahan yang berkembang di belakang koridor jalan utama ini.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:

https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia

atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia