Potensi Rumah Menengah Atas di Tangerang Selatan

09 May 2018 11:27

Majalah Properti Indonesia edisi Mei 2018 rubrik Property onsale mengulas tentang trend rumah menengah di tangerang Selatan. Disebutkan, kawasan Tangerang Selatan (Tangsel) terus berkembang. Kini, di antara sekian banyak kawasan penyangga, Tangsel adalah daerah yang paling banyak dibidik sebagai hunian.

Maklum, sebagai kawasan yang dekat dengan Jakarta, Tangsel mampu memberikan segala fasilitas pendukung yang dibutuhkan seluruh warganya. Ketersediaan lahan, infrastruktur memadai serta kemudahan akses. Tak heran, peruntukkan lahan di kota ini sebagian besar untuk perumahan
dan permukiman yaitu seluas 9.941,41 Ha atau 67,54% dari total luas kawasan sebesar 14.719 Ha.

Selain karena kedekatannya dengan Ibu Kota, kemudahan akses dengan pembukaan beberapa ruas jalan tol baru, ditambah lagi dengan adanya moda transportasi umum commuter line, sangat berpengaruh bagi pertumbuhan kawasan Serpong. Tidak hanya hunian, berbagai fasilitas pun terus bertambah sehingga membuat penduduk Serpong tidak perlu keluar kawasan untuk mendapatkan berbagai kebutuhan hidup, dari kebutuhan pokok sampai rekreasi.

Sebagai salah satu kawasan penyangga Jakarta dengan tingkat pertumbuhan harga properti yang cukup tinggi menjadikan wilayah Tangsel, khususnya wilayah Serpong dan Bintaro sebagai barometer properti nasional. Kenaikan properti di wilayah tersebut dalam kondisi normal dapat mencapai tiga puluh persen per tahun atau lebih tinggi dari kawasan lain di Bodetabek yang rata-rata berada di kisaran 10% per tahun. Sesuai sasarannya, perumahan- perumahan itu menawarkan konsep yang menyelaraskan antara hunian ekslusif dan lingkungan yang asri, desain arsitektur modern, serta menyediakan fasilitas seragam seperti arena rekreasi, playground, system keamanan 24 jam dan sarana pendukung lainnya.

Pesatnya kawasan Serpong dan Bintaro membuat harga tanahnya terus terkerek naik. Serpong, misalnya. Untuk harga rumah di pusat kota saat ini rata-rata sudah di atas Rp1 miliar. Hal itu tentu membawa berkah bagi kawasan tetangga Serpong, seperti Pamulang, Cisauk, Legok, Curug, hingga Tigaraksa.