Property On Sale Pergerakan Positif Properti di Kota Pahlawan Surabaya

04 December 2017 12:23

Surabaya yang memiliki predikat sebagai salah satu kota dengan pertumbuhan properti
tertinggi di Indonesia terus mengalami perkembangan pesat dari waktu ke waktu. Hal tersebut tentunya tak terlepas dari berbagai faktor yang melekat pada ibukota provinsi Jawa Timur ini. Selain merupakan kota terbesar kedua di Indonesia, sudah sejak lama Surabaya didapuk sebagai gerbang bisnis utama untuk kawasan Indonesia Timur.

Beberapa faktor yang menjadi pendukung berkembangnya Surabaya antara lain; kemudahan akses infrastruktur, seperti Bandar Udara Internasional Juanda, Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Ujung, Middle East Ring Road (MERR), dan rencana pengembangan Jalan Lingkar Luar Timur (JLLT).

Pesatnya kawasan Surabaya tak pelak membuat harga tanahnya terus naik. Harga rumah di pusat kota Surabaya, rata-rata sudah diangka Rp1 Miliar. “Secara umum, harga perumahan di Surabaya dalam satu tahun terakhir mengalami kenaikan dengan tingkat pertumbuhan harga antara 5 – 10% per tahun,” ujar Tommy Bastamy, Head of Strategic Advisory, Coldwell Banker Commercial Indonesia.

Tommy menambahkan, Harga tanah pada proyek-proyek perumahan di Surabaya sangat bervariasi tergantung pada lokasi, segmen pasar dan aksesibilitas yang ada. Tetapi secara umum, harga tanah pada proyek-proyek perumahan kelas menengah atas sampai atas, berkisar antara Rp10 juta per m2 sampai Rp20 juta per m2. Sedangkan untuk perumahan kelas menengah dan menengah
bawah harga tanah berkisar antara Rp3 juta per m2 sampai Rp6 juta per m2. Harga-harga tersebut mengalami peningkatan antara 5% sampai 10% dalam satu tahun terakhir ini.

Kisaran harga perumahan yang tertinggi di pasar primer terutama tersebar di wilayah Surabaya Barat, diikuti oleh wilayah Surabaya Timur dan Surabaya Selatan. Sedangkan perumahan yang ditawarkan di pasar primer di Surabaya Utara dan Surabaya Pusat sudah sangat terbatas.Harga rumah kelas menengah atas di Surabaya Barat rata-rata ditawarkan dengan harga jual di atas Rp2 miliar. Adapun, di Surabaya Timur dan Surabaya Selatan, pasokan rumah yang ditawarkan di pasar primer umumnya berada pada kisaran harga di bawah Rp1 miliar.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:

https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia

atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia