PT Bakrieland Development Tbk. Terus Ekspansi untuk Lepas dari Jeratan Hutang

01 November 2017 16:18

Selain tetap melakukan penyelesaian dan pengembangan pada proyek-proyek eksisting, Bakrieland juga sedang mempersiapkan sejumlah proyek baru. Untuk pendanaan mengandalkan kerjasama partnership untuk proyek berskala besar dan mengadalkan ekuitas dan pinjaman bank untuk proyek-proyek lainnya.

Tidak ada kata menyerah bagi PT Bakrieland Development Tbk. (ELTY). Walau sedang fokus menyelesaikan masalah hutang yang menjerat perusahaan, ELTY masih terus berencana melakukan ekspansi bisnis. ELTY saat ini sedang berjuang melakukan restrukturisasi atas utang obligasi sebesar Rp3,6 triliun, atau 47% dari total liabilitas perusahaan yang tercatat pada tahun 2016 yakni sebesar Rp7,6 triliun.

Perusahaan properti milik keluarga Aburizal Bakrie ini memang tidak mau dijemput “sakaratul maut” alias mati karena hutang. Untuk itu berbagai upaya dilakukan agar perusahaan kembali bernafas dan bisa kembali menjadi perusahaan yang disegani di gelanggang bisnis properti Indonesia.

“Tentunya ini semua dapat dicapai dengan kerja keras dari seluruh komponen perusahaan. Perseroan siap untuk terus tumbuh dan tetap menjadi pilihan utama konsumen,” ujar Ambono Janurianto, Presiden Direktur PT Bakrieland Development Tbk.

Tahun lalu, perseroan mencetak kinerja positif dengan pendapatan Rp1,68 triliun. Nilai tersebut naik 20,9% dibandingkan pendapatan sepanjang 2015 yang sebesar Rp1,39 triliun. Kenaikan tersebut didorong oleh penjualan unit perkantoran, sedangkan pendapatan berkelanjutan (recurring income) berasal dari bisnis theme park, hotel, manajemen jasa, sewa perkantoran, dan area komersial. Lini bisnis tersebut menyumbang pendapatan sebesar Rp789,9 milliar atau 46,8% dari total pendapatan.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:

https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia

atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia