PT Ciputra Development Tbk Bagikan Dividen Rp176,09 Miliar

05 June 2018 15:48

Jakarta, mpi-update. Perusahaan properti terkemuka dan terdiversifikasi di Indonesia, PT Ciputra Development Tbk dengan kode saham CTRA membagikan dividen sebesar Rp176,09 miliar, atau Rp9,5 per saham dari laba bersih tahun buku 2017.

Hal tersebut telah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) CTRA yang diselenggarakan Senin, 4 Juni 2018, di Ciputra Artpreneur Jakarta. Dividen yang akan dibayarkan pada 5 Juli 2018 ini nilainya mencapai 19,69 persen dari total laba bersih tahun buku 2017 sebesar Rp894,35 miliar.

Di tahun 2017, CTRA mencatat total pendapatan sebesar Rp6,4 triliun. Perolehan dari segmen pendapatan berulang yang meliputi pusat perbelanjaan, hotel, sewa kantor, dan rumah sakit mencapai Rp1,7 triliun. Sedangkan pendapatan dari segmen pengembangan properti yang meliputi penjualan rumah hunian, ruko, tanah, apartemen, dan gedung perkantoran tercatat sebesar Rp4,7 triliun.

Sepanjang tahun 2017 CTRA juga telah meluncurkan empat proyek residensial baru yakni Barsa City Yogyakarta, CitraLand Cibubur, CitraLand Tallasa City Makassar, dan CitraPlaza Nagoya Batam. Hal ini diharapkan bisa memperkuat posisi CTRA di kancah bisnis properti nasional dan memberikan manfaat bagi perekonomian setempat.

Direktur Utama CTRA Candra Ciputra optimis bahwa pencapaian kinerja keuangan di tahun 2018 akan lebih baik dari tahun lalu, dengan mempertimbangkan masih tingginya permintaan terhadap sales backlog untuk pengakuan pendapatan di tahun ini. Optimisme ini juga melihat pencapaian marketing sales dalam kuartal pertama 2018 sebesar Rp1,6 triliun. Pencapaian tersebut merepresentasikan 21 persen dari target marketing sales tahun 2018 sebesar Rp7,7 triliun.

“Pencapaian selama kuartal pertama 2018 merupakan indikator positif karena terjadi pertumbuhan sebesar 33 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Perusahaan optimis bisa mencapai target marketing sales tahun ini karena didukung beberapa faktor mulai dari keragaman produk, luas cakupan geografis, merek yang kuat, dan masih tingginya permintaan pasar,” kata Candra Ciputra.

Direktur Independen Perseroan Tulus Santoso menambahkan, untuk mendukung pencapaian target marketing sales di 2018, Perusahaan telah dan akan meluncurkan beberapa proyek baru. Proyek yang baru saja diluncurkan adalah Vertu Apartment di Ciputra World Surabaya. Sedangkan proyek baru yang akan diluncurkan meliputi Newton 2 Apartment di Ciputra World 2 Jakarta, proyek township baru di Sentul, proyek apartemen baru di Cawang.

Newton 2 Apartment di Ciputra World 2 Jakarta terdiri dari 624 unit apartemen dengan luas mulai 24 meter persegi hingga 61 meter persegi. Proyek township baru di Sentul merupakan proyek kerjasama seluas 1.000 hektar yang terdiri dari kawasan residensial, apartemen, dan komersial. Sedangkan proyek apartemen baru di Cawang memiliki luas area 7 hektar dilengkapi ruko dan kios, dengan target pasar segmen menengah dan menengah-bawah. Disamping itu, beberapa proyek yang sudah berjalan juga meluncurkan klaster-klaster baru antara lain klaster baru di Citra Maja Raya dan klaster baru di CitraRaya Tangerang.