PT PP Urban Mengemban Misi Menggarap Hunian Terjangkau sat ini siap memasok lebih dari 2000 unit affordable housing dari empat lokasi, yaitu Serpong, Karawang, Sudimara, dan Pulogadung

10 August 2018 11:14

PT PP Urban siap memasok lebih dari 2000 unit affordable housing dari empat lokasi, yaitu Serpong, Karawang, Sudimara, dan Pulogadung.

PT PP Urban adalah anak perusahaan PT PP (Persero) Tbk. yang bergerak di bidang urban development, konstruksi, dan pracetak. Didirikan pada tahun 1989 dengan nama PT Prakarsa Dirga Aneka, pada awalnya perseroan dimiliki oleh Yayasan Kesejahteraan Karyawan PT PP (Persero). Perseroan mula-mula bergerak di bidang perdagangan untuk mendukung perusahaan induknya. Seiring waktu, perseroan kemudian berhasil mengembangkan diri di industri pracetak dan konstruksi.

Pada tahun 2008, perseroan berganti nama menjadi PT PP Dirganeka. Fokus bisnis PT PP Dirganeka adalah di bidang konstruksi dan manajemen gedung. Setelah diakusisi oleh PT PP (Persero) pada 2013, perseroan berganti nama menjadi PT PP Pracetak dengan fokus bisnis di bidang konstruksi, manajemen gedung, dan beton precast.

Untuk memenuhi visi bisnisnya, PT PP Pracetak melakukan transformasi menjadi PT PP Urban pada 2017. Dengan menjadi entitas baru, perseroan mulai merambah bisnis pengembangan kota, terutama pengembangan perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Transformasi tersebut tak lepas dari penugasan pemerintah terhadap PT PP (Persero) Tbk. untuk membangun hunian murah.

PT PP (Persero) Tbk. telah mendapatkan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp2, 25 triliun pada tahun 2016 dan Rp 500 miliar akan digunakan untuk mengembangkan hunian MBR. Semula dana PMN akan ditunjukkan PT PP (Persero) Tbk. ke anak usahanya yang lain yakni PT PP Properti Tbk..

Namun, mengingat margin untuk proyek MBR tipis, perseroan mengubah rencana bisnis dengan mendorong PP Pracetak yang masuk menggarap hunian murah. Sementara jika PP Urban yang ditugaskan menggarap proyek MBR masih bisa mendapat keuntungan karena akan menggunakan produk beton Pracetak mereka.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia