Ramai-Ramai Bidik Mahasiswa Jatinangor. Udara yang sejuk empat kampus dengan jumlah mahasiswa besar magnit bagi para pengembang untuk meraih cuan di kawasan ini

12 February 2019 12:45

Udara yang sejuk dan adanya empat kampus perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa yang besar menjadi magnit tersendiri para pengembang properti untuk meraih cuan di kawasan Jatinangor.

Jatinangor adalah suatu kecamatan yang berada di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Kawasan ini memiliki luas 26.20 Km2 dan dikelilingi oleh gunung-gunung. Jatinangor terus berkembang sebagai kawasan pendidikan Di Jatinangor sedikitnya ada empat kampus besar yang berjajar di kiri jalan dari arah Kota Bandung yakni Institut Pemeritahan Dalam Negeri (IPDN), Ikopin, Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Padjajaran (Unpad).

Jumlah mahasiswa di Jatinangor berkisar 62.000-65.000 orang. Setiap tahun diperkirakan ada 11.700-an mahasiswa baru yang menuntut ilmu di Jatinangor. Udara sejuk dan adanya empat kampus perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa yang besar itu memang menjadi magnit tersendiri para pengembang properti. Sejak beberapa tahun terakhir, pengembang properti ramai-ramai mengembangkan apartemen yang memperebutkan ceruk pasar yang sama yaitu mahasiswa dan kalangan pekerja perguruan tinggi di kawasan Jatinangor.

Apartemen yang dibangun berlokasi di koridor jalan yang sama yaitu Jalan Raya Jatinangor. Para pengembang properti juga menjadikan mudahnya aksesibilitas sebagai daya jualnya. Misalnya kawasan Jatinangor diklaim tak jauh dai kota Bandung, dekat dengan akses Tol Cileunyi, dan Tol Cisumdawu, serta dekat dengan Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang sedang dibangun.

Optimisme para pengembang juga didasari pada fakta bawa saat ini mahasiswa-mahasiswi lebih memilih tinggal di apartemen ketimbang di rumah kontrakan atau kamar kos. Alasannya, selain kondisi kamar yang nyaman, fasilitas yang disediakan pun lebih banyak dan dapat digunakan secara gratis seperti akses internet, kolam renang, gym, jogging track, hingga student center.Tak hanya itu, faktor keamanan dan privasi pun lebih terjaga. Ditambah lagi tersedianya fasilitas penunjang gaya hidup lainnya seperti minimarket, kafe, dan lain-lain.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia