Ritel Bahan Bangunan dan Furnitur Modern Tancap Gas. Modern Retail yang Menyediakan Bahan2 Bangunan & Furnitur Masih Memiliki Peluang Pangsa Pasar yang Lebih Besar ke Depannya

15 October 2018 16:01

Modern retail yang menyediakan bahan-bahan bangunan dan furnitur masih akan memiliki peluang pangsa pasar yang lebih besar ke depannya. Untuk itu mereka akan terus menginjak pedal ekspansi ke berbagai daerah di tanah air.

Indonesia memiliki jumlah penduduk kelas menengah yang besar. Kebutuhan manusia untuk berbelanja dengan nyaman dibarengi dengan harga yang pasti, kian diminati di kalangan masyarakat menengah di Indonesia. Oleh sebab itu semakin banyak bermunculan toko atau gerai yang menawarkan para pembelinya agar dapat mampu merasakan pengalaman berbelanja dengan cara memilih barang-barang yang dibutuhkan secara personal dan leluasa.

Tak terkecuali toko atau gerai modern yang menjajakan material bahan bangunan dan furnitur. Sejumlah perusahaan ritel material bahan bangunan dan furnitur mengaku optimis dengan pasar Indonesia. Mereka menyatakan, modern retail yang menyediakan bahan-bahan bangunan dan furnitur masih akan memiliki peluang pangsa pasar yang lebih besar ke depannya. Untuk itu mereka akan terus menginjak pedal ekspansi ke berbagai daerah di tanah air.

Produsen PT Catur Sentosa Adiprana Tbk. (CSAP), misalnya. Pemilik retail bangunan modern ini masih akan terus menambah gerai Mitra10 milik mereka. Apalagi dengan masuknya SCG, salah satu pemimpin konglomerat bisnis di ASEAN, sebagai pemegang saham CSAP, membuat rencana ekspansi perusahaan lebih bergairah. SCG masuk ke CSAP melalui SCG Retail Holding Company Limited, yang merupakan anak perusahaan SCG (wholly owned) dalam Bisnis Cement-Building Materials, melalui Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) dengan jumlah Rp324 miliar.

Dana hasil dari PMTHMETD ini akan digunakan terutama untuk mempercepat pertumbuhan Mitra10 yang merupakan toko ritel modern bahan bangunan dan home improvement di Indonesia. Roongrote Rangsiyopash, Presiden dan CEO SCG mengatakan, SCG melihat potensi dan peluang pasar Indonesia dalam sektor perdagangan modern dan bisnis ritel yang menawarkan produk renovasi rumah untuk melayani permintaan pelanggan yang terus meningkat. “CSAP adalah perusahaan distribusi terbesar dan terdepan dalam bahan bangunan, SCG bangga dapat menjadi mitra dan membangun pertumbuhan di Indonesia secara berkelanjutan,” ujar Roongrote.

SCG telah berkecimpung dalam bisnis ini selama lebih dari 100 tahun, tidak hanya di Thailand, tetapi juga ASEAN termasuk Indonesia. Kerja sama SCG dan CSAP ini akan memungkinkan kedua belah pihak untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman. Melalui kolaborasi ini, CSAP dan SCG dapat menawarkan lebih banyak nilai tambah yang benar-benar memenuhi kebutuhan pelanggan.

CEO CSAP Budyanto Totong mengatakan, “Kami sangat senang menyambut SCG sebagai Strategic Investor. Investasi ini mencerminkan keyakinan dan prospek fundamental yang kuat terhadap pertumbuhan CSAP di Indonesia. Kami akan bekerja sama, bersinergi dan mengintegrasikan Visi dan Misi perusahaan untuk meningkatkan kinerja dalam menghadapi tantangan pasar yang semakin kompetitif dan memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang.”

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia