Saat Perbankan Ramai-Ramai Menggarap KPR Milenial. Memiliki Keunggulan; Uang Muka Lebih Terjangkau, Biaya Provisi Lebih Rendah, Kemudahan dalam Pengajuan, & Pilihan Tenor Hingga 30 Tahun

09 November 2018 10:19

KPR yang ditujukan buat generasi milenial memiliki keunggulan yakni uang muka yang lebih terjangkau, biaya provisi lebih rendah, kemudahan dalam pengajuannya, dan pilihan tenor lebih panjang hingga 30 tahun.

Generasi milenial dianggap pasar gemuk yang kini ramai-ramai digarap oleh perbankkan. Tak terkecuali yang berhubungan dengan hunian. Namun kelompok umur 20 tahun sampai 30-an tahun ini memiliki karakteristik sendiri sehingga harus dibuat produk pembiayaan yang cocok agar mereka bisa memiliki hunian dengan fasilitas kredit pemilikan rumah (KPR). Beberapa perbankan sudah meluncurkan produk KPR bagi generasi milenial.

Bank Mandiri meluncurkan produk KPR Milenial yang diperuntukkan bagi nasabah berusia 21-35 tahun dan mematok bunga kredit rendah yaitu sebesar 6,5% dengan tenor waktu cicilan hingga 30 tahun. Executive Vice President Consumer Loans Bank Mandiri, Ignatius Susatyo Wijoyo mengungkapkan proses pengajuan KPR sangat mudah. Hanya dengan bermodalkan KTP dan NPWP saja hunian sudah bisa didapat.

Selain itu, proses pengajuan juga sangat cepat. Hanya butuh waktu sekitar 20 menit pengajuan sudah bisa di-approve atau disetujui. “Persyaratan, karena ini payroll cukup KTP dan NPWP serta sebutkan nomor rekening,” kata Ignatius. Adapun milenial yang dapat mengajukan KPR tersebut harus memiliki pendapatan minimal Rp5 juta take home pay. Sementara itu, besaran cicilan per bulan nantinya akan disesuaikan dengan tipe rumah yang diambil oleh debitur, bukan berdasarkan besaran gaji.

“Minimal gaji Rp5 jutaan take home pay. Cicilan bulanan disesuaikan bukan dari gaji, tapi dari tipe rumah yang diambil. Dengan tenor minimal 5 hingga 30 tahun,” ujarnya. Saat ini, KPR milenial sudah hadir di beberapa kota. Bahkan anak muda yang tinggal di perantauan bisa mengajukan tanpa harus terkendala KTP sesuai domisili. “Kalau ada yang mau beli rumah di kampung halamannya, tapi kerjanya di Jakarta enggak masalah. Bisa langsung kita proses dengan cepat,” ucapnya.

Direktur Retail Banking Bank Mandiri, Donsuwan Simatupang mengatakan, anak muda mempunyai gaya hidup yang cenderung hura-hura sehingga uangnya tidak cukup untuk memiliki sebuah rumah. “Lifestyle yang berbeda, mereka ingin menikmati hidup, ingin traveling, ingin menikmati bagaimana hidupnya. Oleh karena itu kami memberikan solusi KPR Milenial di mana periode awal angsuran dan bunga disesuaikan dengan kemampuan bayar tanpa menganggu gaya hidup,” kata dia.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia