Seberapa Besar Dampak Melemahnya Rupiah terhadap Sektor Properti

09 November 2018 10:21

Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (US$) memiliki ekses ke berbagai sektor. Industri properti termasuk sektor yang terkena imbas pelemahan tersebut. Terperosoknya nilai tukar rupiah disinyalir bisa berdampak buruk bagi bisnis properti karena terjadinya tren penurunan minat konsumen terhadap rumah subsidi maupun komersial.

Otoritas moneter (Bank Indonesia) mencatat, Jika dirunut tiga tahun ke belakang, rupiah sempat anjlok menyentuh Rp12.000 per US$ pada 21 November 2008. Rupiah sempat anjlok lagi hingga Rp11.975 per US$ pada Februari 2009. Kondisi terburuk terjadi pada 1998 silam di mana nilai tukar rupiah menukik tajam hingga menyentuh angka Rp17.000 per US$.

Kemudian, untuk saat ini, penurunan rupiah terhadap US$ terasa sejak awal tahun 2018 lalu. Misalnya, pada 2 Januari 2018, nilai tukar dolar AS terhadap rupiah masih tercatat Rp13.542 per dolar AS. Kemudian, pada Agustus nilai rupiah kembali merosot pada level Rp14.829.Tekanan terhadap rupiah terus berlanjut level Rp15.242 per US$, pada 15 Oktober 2018. Bahkan, diperkirakan depresiasi nilai tukar rupiah sepertinya akan masih berlanjut yang diakibatkan faktor eksternal maupun internal.

Salah satu penyebab anjloknya rupiah terhadap dolar adalah karena suku bunga acuan yang terus dinaikan oleh bank sentral AS Federal Reserve. Di sisi lain, ada faktor internal yang mempengaruhi kekutan rupiah, yakni besarnya defisit transaksi berjalan ketimbang transaksi modal dan finansial untuk menutupinya. “Jadi itu kemudian sumber utama pelemahan kurs di tengah interest rate dari AS yang terus meningkat dan belum berhenti,” ujar Deputi Gubernur Senior Mirza Adityaswara

Di sisi lain, ada faktor internal yang mempengaruhi kekutan rupiah, yakni besarnya defisit transaksi berjalan ketimbang transaksi modal dan finansial untuk menutupinya.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia