Seberapa Ribet Take Over Proyek Macet?, Review Kasus (2)

03 January 2018 13:13

Take over proyek properti

Nasib baik jika proyek mangkrak kemudian diambil alih (take over) oleh pengembang baru yang kemudian melanjutkan pembangunan proyek sampai selesai sehingga selamat dari kematian permanen. Menurut Asriman, prinsip utama yang harus dipenuhi dalam take over proyek adalah segala hak dan kewajiban developer lama menjadi hak dan kewajiban developer baru atau developer yang men-take over, termasuk tanggung-jawab pelaksanaan proyek.

Jika ada hutang-hutang developer lama maka akan menjadi kewajiban developer baru untuk menyelesaikan. “Menyelesaikan dalam artian me-renegosiasi dengan kreditur atau dengan cara-cara lain yang menyebabkan kreditur senang. Atau dengan cara yang lebih elegan adalah hutang-hutang tersebut dilunasi oleh developer baru,” kata Asriman.

Tentu saja setelah take over proyek segala tagihan piutang atau uang masuk proyek juga menjadi haknya developer baru. Proyek pun akan muncul sebagai proyek dengan identitas baru dan pemilik baru. “Disinilah diperlukan kejelian developer baru melihat peluang proyek ke depan. Selain kemampuan melihat peluang, developer baru juga harus mempersiapkan effort ekstra untuk merubah imej proyek dari status proyek mangkrak menjadi proyek yang on running dan layak beli oleh konsumen,” ujar Asriman.

Cara lainnya yang bisa dipakai adalah take over dalam bentuk akusisi saham perseroan developer lama. Nama perusahaan developer tidak berubah hanya saja struktur organisasinya diisi oleh orang-orang baru sesuai dengan unsur yang termaktub dalam akta perseroan setelah terjadi perubahan susunan pemegang saham.

Cara ini, kata Asriman, cocok untuk proyek-proyek dengan skala besar dan pengakuisisipun adalah developer yang berpengalaman dan “bernama”. Dengan menempelkan embel-embel “Subsidiary of Developer Besar” di marketing tools-nya sudah cukup menarik konsumen dan menjamin proyek sukses.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia