Serba Serbi Apartemen Low Rise di Jabodetabek. Salah Satu Jawaban Bagi Pembeli Yang Takut Ketinggian, Merasa Terkungkung Di Ruang Sempit, Sampai Tidak Leluasa Menata Ruang Dan Menerima Kerabat

07 June 2018 11:36

Sebagai hunian modern yang mengedepankan gaya hidup serba praktis, apartemen menjadi pilihan utama bagi masyarakat urban terutama kalangan eksekutif muda, keluarga baru, dan kaum milenial. Itu sebabnya, meski kondisi perekonomian belum recovery 100%, sub sektor apartemen masih menjadi market leader dibanding rumah tapak, perkantoran, dan lain sebagainya. Menilik hasil riset Savills Indonesia baru-baru ini, jumlah apartemen di Jakarta baru sekitar 150.000 unit. Sebanyak 80% di antaranya berada di luar kawasan Central Business District (CBD).

Salah satu faktor mengapa apartemen tumbuh dengan pesat adalah semakin terbatasnya lahan-lahan diperkotaan menuntu para pengembang untuk melakukan efisiensi dengan membangun proyek-proyek hunian vertikal. Selain itu, tinggal di apartemen memiliki kelebihan salah satunya hidup menjadi lebih praktis.
Namun, jika dulu apartemen identik dengan bangunan tinggi yang menjulang, namun tidak untuk saat ini. Sebab, kini banyak developer yang mengembangkan apartemen dengan ketinggian yang rendah atau biasa disebut dengan low rise apartemen.

Apartemen low rise merupakan salah satu jawaban atas permasalahan bagi pembeli yang dari takut ketinggian, merasa terkungkung di ruang sempit, sampai tidak leluasa menata ruang dan menerima kerabat. Ceruk pasar inilah antara lain yang dijadikan pengembang sebagai peluang menawarkan apartemen berlantai rendah atau low rise.

Walaupun belum, namun sudah banyak developer yang mulai mencoba peruntungannya untuk mengembangkan konsep apartemen low rise ini. Mayoritas apartemen low rise tersebar di Jabodetabek, dan yang paling banyak berada di kawasan Jakarta Selatan. Beberapa di antaranya adalah apartemen Apple Residemce, apartemen Kasamara, dan apartemen Llyold.

MGM Propertindo adalah salah satu developer yang mengembangkan konsep apartemen low rise melalui proyek apartemen Kasamara yang terletak di Jalan Raya Kesehatan, Jakarta Selatan. “Di Singapura, sekarang tengah diminati tinggal di apartemen 4 sampai dengan 6 lantai. Di Jakarta Selatan, Kasamara adalah apartemen 4 lantai yang pertama,” ujar Baron Respati, Komisaris PT Bintang Gemilang Mulia.
(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia