Serba-serbi Properti Kelas Menengah. Property On Sale MPI Oktober 2017. (Colliers: Penjualan Pasar Menengah Berada di Angka 35% & Memang Bergeser ke Bawah

03 October 2017 14:50

Menurut Andy K Natanael, Presiden Direktur Consultant Marketing Property Proviz, pasar kelas menengah residensial landed house saat ini nothing to lose, yang artinya jika ada penawaran bagus konsumen akan membeli product dan jika tidak ada penawaran bagus, konsumen yang tidak membeli pun tidak akan rugi.

Andy mengatakan, kontra diktif itu terjadi karena dari sisi developer melihat semakin tingginya bahan material sehingga developer pun tidak bisa memberikan harga yang bagus, sehingga mau tidak mau harganya akan semakin naik. Jika dilihat dari sisi pembeli, kelas menengah mempunyai uang yang “pas-pasan”, artinya tidak lebih dan tidak kurang. Karena itu, pembeli harus bisa memanfaatkan uang ini benar-benar se-efisien dan se-efektif mungkin untuk bisa mendatangkan keuntungan bagi pembeli.

Colliers International Indonesia menuturkan, penjualan pasar menengah berada di angka 35% dan memang bergeser ke bawah. Tetapi perminatan untuk primary market tetap ada dan banyak dicari di koridor Barat, seperti Balaraja dan Maja, Koridor Timur, seperti Cikarang sampai Karawang.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:

https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia

atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia