Skylight, Cara Mudah Jadikan Ruang Bermandikan Cahaya. Jendela atau Kaca di Atap /Dinding Rumah yang Bisa Difungsikan Sebagai Jalan Masuknya Cahaya Sinar Matahari Langsung ke Dalam Ruang

15 October 2018 16:26

Bangunan pintar yang nyaman dan hemat energi pastilah menjadi idaman setiap keluarga. Salah satu trik yang bisa aplikasikan pada bangunan hemat energi adalah dengan pemanfaatan skylight.

Skylight merupakan jendela atau kaca di atap atau dinding rumah yang bisa difungsikan sebagai jalan masuknya cahaya sinar matahari langsung ke dalam ruang. Keberadaan skylight pada sebuah bangunan juga bisa digunakan untuk menikmati pemandangan langit dari dalam rumah. Dengan demikian, masuknya cahaya dari luar dapat mengurangi penggunaan cahaya listrik pada siang hari, sehingga menjadikan rumah lebih hemat energi. Sementara, jika diaplikasikan pada ruang kamar mandi, Skylight dapat mengatasi kelembaban sekaligus menerangi ruangan kamar mandi pada siang hari.

Pada ruang tertentu, skylight juga bisa dirancang sebagai ventilasi udara seperti halnya jendela yang bisa dibuka dan ditutup sesuai kebutuhan. Namun untuk merancang skylight sebagai ventilasi perlu dirancang menempatkan rangka sehingga tidak ada rembesan air hujan menembus celah-celah kecil yang ada.

Penggunaan skylight di rumah tinggal bisa digunakan di ruang keluarga, dapur, kamar mandi, ataupun kamar tidur hingga balkon (roop top). Penggunaan skylight dengan jendela terbuka paling pas digunakan pada area dapur. Skylight bisa menjadi sarana untuk pergantian udara di dapur, asap masakan dapat keluar melalui skylght digantikan dengan udara segar yang masuk. Memasak di dapur menjadi nyaman karena suasana yang terang dan tidak pengap.

Penggunaan skylight juga bisa dimanfaatkan di hunian minimalis, namun ingin memiliki internal courtyard yang di atapnya diletakkan skylight. Langkah ini diambil sebagai upaya mengoptimalkan pencahayaan alami pada pagi hingga sore hari. Dengan demikian kesegaran udara dari oksigen yang dihasilkan tanaman bisa masuk ke dalam ruang yang bisa dibuka dan tutup dengan pintu kaca geser.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia