Surabaya Destinasi Investasi Properti Utama di Indonesia. Dikenal sebagai Kota bisnis, Perdagangan, Industri & Pendidikan, Menjadikan Surabaya Salah Satu Destinasi Investasi Utama Properti Setelah Jakarta.

14 December 2018 11:29

Dikenal sebagai kota bisnis, perdagangan, industri dan pendidikan, menjadikan Surabaya sebagai salah satu destinasi investasi utama bagi para investor properti setelah Jakarta. Tak heran geliat bisnis properti Surabaya tetap moncer di tengah kondisi pasar yang belum bergairah Menarik melihat fenomena penjualan dua cluster baru yang terletak di kawasan elit Pondok Tjandra Indah, Surabaya pada paruh kedua 2018 lalu.

Saat itu, sebanyak 1300 calon pembeli yang sudah mendaftar Nomor Urut Pemesanan (NUP), harus rela mengantri untuk memperebutkan 500 unit hunian yang berlokasi di kawasan Surabaya Timur tersebut. Ending-nya tentu sudah bisa ditebak, dari 1300 orang, 800 diantaranya harus pulang dengan tangan hampa dan menunggu sampai produk hunian baru kembali dibuka.

Komisaris PT Pondok Tjandra Indah, Jenny Sugiharto mengatakan, selain reputasi pengembang, kunci utama laris manisnya produk terbaru dari Cluster Opal dan Rubby seluas 10 hektar itu tak lepas dari berbagai kelebihan yang ditawarkan, salah satunya lokasi hunian yang strategis.

Fenomena berebutnya konsumen saat membeli properti kelas menengah tersebut tentu layaknya anomali di tengah lesunya bisnis properti secara umum. Di satu sisi, ada sejumlah pengembang yang kewalahan memasarkan produknya, sementara di belahan lainnya, fenomena membludaknya calon pembeli properti justru tak terbendung.

Gairah konsumen properti di Surabaya sebenarnya bukan kali saja terjadi, sinyal positif itu sebelumnya juga terlihat pada beberapa penjualan properti, bahkan, untuk produk properti yang dikembangkan di luar negeri. Misalnya saja, saat peluncuran proyek apartemen mewah Crown Group bertajuk Mastery yang berlokasi di Waterloo, Sydney, Australia.

Di hari pertama peluncuran di Hotel Shangrilla Surabaya, 6 unit apartemen seharga Rp13 miliar hingga Rp48,3 miliar berhasil dibukukan oleh konsumen Surabaya. Menurut Vice Project Sales Director Crown Group, Jefry Irawan, para pembeli tersebut memiliki latar belakang ssebagai investor, dan para orangtua yang membeli apartemen untuk anak-anak mereka yang sekolah disana.

Surabaya sendiri dipilih Crown Group sebagai lokasi penjualan karena kota Pahlawan ini memiliki banyak potensial property buyer dengan kemampuan finansial dan minat tinggi akan properti mewah. Hanya saja, karakter konsumen Surabaya dinilai lebih kritis dalam mencari detail informasi secara terperinci dibanding daerah lainnya. Namun, setelah mendapat informasi yang dirasa cukup, maka konsumen Surabaya sangat berkomitmen untuk membeli.

CEO Leads Property Service Indonesia, Hendra Hartono menuturkan, Surabaya merupakan pasar paling potensial dan dinamis setelah kawasan Jadebotabek. “Surabaya sudah menjadi destinasi favorit untuk bisnis dan investasi properti. Selain itu, konsumen Surabaya memiliki kemampuan finansial yang mumpuni dan paham akan prospek cerah di bisnis properti,” katanya.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia