Tancap Gas Produsen Semen. Produsen Dituntut Kreatif di Tengah Ancaman Kelebihan Pasokan

08 March 2018 09:49

Satu industri ikutan yang terkena dampak dari kurang bergairahnya sektor properti adalah industri semen. Untuk menyiasati hal tersebut, berbagai inovasi pun digeber para produsen agar performa perusahaan tidak semakin tergerus. Terlebih, di tengah pasar semen yang kelebihan suplai (oversupply), produsen semen dituntut kreatif dalam memasarkan produk-produk mereka. Alhasil, mulai dari meluncurkan produk baru hingga tawaran layanan yang lebih masif pun menjadi pilihan.

PADA kuartal IV-2017 lalu, Holcim Indonesia kembali meluncurkan multi produk terbaru mereka se-perti PowerMax, WallMax, Solid Road dan Mortar. PowerMax, merupakan produk yang dikhususkan untuk pembangunan struktur bangunan.

Formula Micro Filler Particle dan Strength Agent pada produk ini, membantu adukan menjadi lebih pulen sehingga memudahkan dan mempercepat pekerjaan dengan hasil yang lebih kuat dan tahan lama. Sementara itu, WallMax, merupakan produk yang dikhususkan untuk pembangunan dinding. Produk ini diformulasikan dengan Micro Filler Particle dan Smoothing Agent untuk dinding lebih halus dan minim retak.
Guna memenangkan persaingan dan menambal kerugian tahun 2017, Holcim juga siap untuk memasuki era digitalisasi dengan mengandalkan beberapa mobile apps untuk meningkatkan penjualan serta memberi kemudahan bagi konsumen.

Menyusul Holcim, Indocement meluncurkan produk semen slag, melalui brand Tiga Roda (TR) Superslag. Produk ini diyakini dapat menghemat antara 50%–60% biaya bahan bakar produksi. Saat ini, total kapasitas terpasang produksi semen Indocement mencapai sekitar 25 juta ton per tahun.

Seakan tak ingin ketinggalan, PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) juga turut meluncurkan produk semen slag dengan merek Maxstrength. Kemampuan produksi semen slag SMGR ini mencapai 1 juta sampai 2 juta ton per tahun. Produk semen baru ini diklaim punya beberapa kelebihan. Selain lebih kuat, semen jenis itu juga lebih lentur. Maxstrength juga jauh lebih tahan terhadap korosi. Sehingga, cocok untuk fondasi bawah tanah seperti jembatan dan konstruksi basah seperti bendungan.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia