the 2019 Building of the Year Awards Referensi Desain yang Tanggap pada Lingkungan

14 May 2019 13:59

Mulai dari yang tampak sederhana hingga futuristik, namun semuanya inspiratif.

Serupa dengan properti, gelaran pemberian penghargaan juga kerap dilakukan di bidang arsitektur. Banyak pihak yang memberikan, salah satunya adalah ArchDaily, situs internasional yang mendedikasikan diri pada informasi di bidang arsitektur. The 2019 Building of the Year Awards (BotY) adalah gelaran kesepuluh kali. Tahun ini ada lebih dari 4.000 proyek dari banyak negara, yang mendaftar. Dari sekian ribu proyek tersebut lalu disaring oleh tim editor yang salah satu penilaiannya adalah favorit pembaca situs, menjadi 75 finalis yang kemudian dipilih lagi menjadi 15 pemenang, sejumlah kategorinya.

Pilihan ini telah menghasilkan diversifikasi dalam skala dan jenis bangunan, juga keragaman biro yang memenangi. Sejumlah nama biro arsitek besar, masih masuk dalam daftar pemenang, seperti Heatherwick Studio yang berbasis di London, lalu MVRDV dan Zaha Hadid Architects. Lokasi proyek pemenang juga sangat tersebar, mulai dari kota-kota besar di Eropa yang “sudah biasa” dengan desain arsitektur avant garde, tapi juga di Tiongkok dan Vietnam, yang belakangan punya makin banyak karya desain yang ciamik. Menurut Archdaily, salah satu hal yang menjadi sebuah proyek itu bisa terpilih adalah karena memberi inspirasi.

Dari lima belas kategori, kami memilih pemenang pada kategori hotel, yakni Morpheus Hotel karya Zaha Hadid Architects (ZHA). Hotel yang berlokasi di Cotai, Makau ini, baru beroperasi tahun lalu. Berdiri di lahan seluas 14,79 ha, didesain dengan konsep resor terintegrasi yang mencakup, kasino, dua teater, distrik belanja, 20 restoran dan empat hotel. Resor yang dimiliki oleh Melco Resorts & Entertainment ini terinspirasi oleh alur pahatan yang tertanam di giok, batu alam asli Tiongkok yang terkenal dengan keindahannya. Ini membuat tampilan Morpheus Hotel tidak saja dramatis, juga karya rekayasa teknik yang inovatif sekaligus memberi kesan formal. Desain yang futuristik, khas garis gaya ZHA.

Bangunan setinggi 40 lantai ini berdiri di dasar bangunan yang tak terpakai. Dasar bangunan itu sendiri awalnya diperuntukkan untuk kondominium yang mangkrak bertahun-tahun. ZHA sendiri diminta untuk merancang ulang sejak tahun 2012. Memanfaatkan bentuk dasarnya, bangunan ini didesain memiliki dua poros sirkulasi internal secara vertikal yang menghubungkan semua lantai, mulai dari podium hingga atap, yang difungsikan sebagai area fasilitas kenyamanan hotel. Kaki bangunan berupa podium setinggi tiga lantai yang diberi label City of Dream.

Morpheous Hotel merangkum 770 guest rooms, suites and sky villas, yang dilengkapi dengan ruang-ruang terbuka, fasilitas meeting and event, ruang bermain game, lobby atrium, sejumlah restoran, lalu spa and rooftop pool, juga back-of-house areas yang besar dan fasilitas tambahan lainnya.

Ekstrusi bak pahatan unik itu seakan membungkus kotak besar setinggi 160 meter. Di bagian tengah kotak tinggi besar itu terdapat void di bagian tengah, berfungsi menghubungkan ruang-ruang komunal di dalam hotel dengan ruang kota, bak urban window besar. Gedung berbentuk kotak persegi itu sejatinya adalah dua menara yang terkoneksi pada bagian dasar dan atapnya.

Terdapat tiga penghubung di tengah dua menara tadi, mengubungkan fasade utara dan selatan, dengan desain yang tidak biasa. Pada bagian dalam “konektor” itu, bukan sekadar koridor sirkulasi, melainkan beberapa ruang dengan bentuk (juga pemandangan) yang spektakular. Di mana bagian langit-langit dan dindingnya terbentuk dari ekstrusi tadi, yang seakan tiada berbatas dalam bentuk geometrik unik. Area penghubung ini dimanfaatkan, mulai dari hanya sebagai restoran, bar dan guest lounges, di mana food and beverages-nya dipimpin oleh chef ternama Alain Ducasse and Pierre Hermé.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia