Tingginya Pasokan Apartemen di Tahun 2019. Total Pasokan Tahun ini Diperkirakan Mencapai 23.163 Unit di Seluruh Jakarta. Savills Memprediksi Pasokan Baru Mencapai pPuncaknya Pada Kuartal-III atau IV 2019. Sebanyak 22.976 Unit Baru Diprediksi Selesai Pada Periode ini

16 January 2019 13:34

Tingginya pasokan apartemen pada tahun 2018, dan banyaknya proyek yang tertunda, serta adanya Pemilihan Presiden 2019 diyakini sebagai beberapa indikator dari melonjaknya pasokan apartemen di tahun depan.

Pada tahun 2018, sektor properti secara umum belum mengalami pertumbuhan yang signifikan. Tingkat penyerapan yang masih rendah adalah indikator yang berkolerasi pada pelemahan terebut. Selain itu, ekonomi yang melambat dan pelemahan Rupiah terhadap Dollar US merupakan kontributor utama yang mengakibatkan berkurangnya daya beli di kalangan menengah atas.

Dampak dari beberapa faktor tersebut, berakibat banyak proyek properti yang tertunda, khusunya highrise atau apartemen. Oleh sebab itu, diperkirakan pasokan apartemen pada tahun 2019 akan mengalami peningkatan.

Sejalan dengan fakta tersebut, Lembaga Savills Research & Consultancy memperkirakan jumlah pasokan apartemen di Jakarta, mencapai puncaknya pada 2019. Ini karena banyaknya unit baru yang dilucurkan pada tahun sebelumnya. Total pasokan pada tahun ini diperkirakan mencapai 23.163 unit di seluruh Jakarta. Savills memprediksi pasokan baru mencapai puncaknya pada kuartal-III atau IV tahun 2019. Sebanyak 22.976 unit baru diprediksi selesai pada periode ini.

Tingginya pasokan apartemen merupakan imbas dari banyak proyek yang tertunda. Menurut Savills, pemilihan presiden (Pilpres) 2019 membuat pengembang menunda peluncuran produk mereka. Lebih lanjut, hingga Semester I-2018, jumlah apartemen yang selesai dibangun hanya mencapai hanya 22 persen. Padahal mestinya, pada paruh pertama tahun ini, jumlah yang dijadwalkan selesai mencapai 35.322 unit. “Meski mengalami penurunan dalam hal jumlah unit dan peningkatan harga, namun pemulihan akan terjadi ketika pilpres selesai,” ujar Head of Research Savills Indonesia Anton Sitorus.

Pertumbuhan harga Pada 2019, pertumbuhan harga diperkirakan akan mencapai 3 sampai 4 persen. Sedangkan, setelah 2019, harga diproyeksikan tumbuh sekitar 6 hingga 8 persen. Perkiraan pertumbuhan harga ini berdasarkan prediksi bahwa permintaan dan pasokan akan segera seimbang, di tengah situasi ekonomi dan politik yang semakin stabil.

Perkiraan peningkatan harga apartemen dari tahun ke tahun (Savills ) Sementara pasokan apartemen akan mulai berkurang pada 2020 hingga seterusnya. Hal ini memberikan kesempatan untuk mengenalkan produk baru. Laporan ini juga memprediksi permintaan akan apartemen kelas upper middle mendominasi pasokan, dengan persentasi sebesar 36,4 persen. Savills juga memprediksi, apartemen kelas upper middle akan semakin diinginkan, terbukti dari jumlah penjualan yang mencapai 78,7 persen hingga paruh pertama tahun 2018. Selain itu, end user juga akan mendominasi permintaan apartemen di Jakarta. MPI RAG

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia