Tips and Trick Roof Garden Hadirkan Areal Hijau yang Instagramable di Rumah

04 December 2017 12:42

Keterbatasan lahan tak lagi menjadi alasan untuk menghadirkan area hijau di sebuah hunian. Sebab, kini, ada berbagai macam cara yang dapat Anda pilih untuk “menghijaukan” hunian, salah satunya adalah membangun taman di atap rumah atau yang populer disebut roof garden.

Roof garden atau biasa disebut dengan rooftop adalah taman yang berada di atas atap-atap bangunan atau gedung. Roof top menjadi alternatif untuk membuat taman karena konsep ini tidak membutuhkan area yang luas dan tidak perlu menambah area karena taman dapat diletakkan di atas atap bangunan.

Tren taman di atas atap ini, mulai berkembang pada atap gedung-gedung perkantoran,
mall, atau pun hotel karena pemanfaatan fungsi ini diklaim dapat mengurangi efek rumah kaca sekaligus menjadi paru-paru kota.

Namun, kini, seiring terbatasnya lahan, pemanfaatan fungsi atap menjadi taman kini juga diaplikasikan pada sebuah hunian. Selain memberikan areal hijau dan meningkatkan kualitas udara di rumah, keberadaan roof garden juga bisa membuat rumah tampak kekinian. Tengok saja sejumlah restoran, hotel, atau bar yang “menjual” area rooftop-nya buat pengunjung.

Memang, dibandingkan dengan pembuatan taman biasa, langkah-langkah membuat rooftop jauh lebih sulit. Sebab, Anda membutuhkan pemahaman dan pengetahuan tentang kualitas atap rumah yang lebih spesifik, pemilihan lahan, dan pemilihan tanaman yang pas untuk rooftop yang akan Anda buat. Jika a sembarangan, bisa jadi atap rumah akan mudah hancur dan pertumbuhan tanaman menjadi liar.