Tips and triks: Ciptakan Ruangan Luas dengan Konsep Open Plan. open floor plan diartikan sebagai satu ruangan terbuka yang menggabungkan area kecil tanpa sekat

16 January 2019 15:25

Open floor plan atau denah terbuka adalah jenis desain interior yang mengutamakan area tanpa sekat yang lega. Secara harfiah, open floor plan diartikan sebagai satu ruangan terbuka yang menggabungkan area kecil tanpa sekat. Mulai dari ruang keluarga, ruang makan dan dapur sekaligus.

Tak bisa dipungkiri, saat ini, memiliki hunian yang luas terasa sulit mengingat sudah jarangnya lahan kosong yang luas untuk dibangun perumahan. Akhirnya, rumah mungil bermunculan dan didesain dengan konsep ruang terbuka atau dikenal dengan istilah open plan. Konsep open plan adalah konsep yang dapat membuat rumah mungil jadi tampak luas dengan cara tidak menggunakan batas ruang seperti dinding dan pintu.

Selain membuat ruangan menjadi terlihat luas, konsep open plan sendiri juga memiliki beberapa kelebihan lain, di antaranya membuat ruangan terlihat lebih cerah. Tak hanya itu, konsep open plan juga dapat meningkatkan interaksi sosial.

Sebab, konsep tersebut juga dengan sistem ruang terbuka, Anda bisa memasak sembari menontont televisi di ruang keluarga, atau mengobrol dengan anggota keluarga lainnya. Anda juga bisa mengawasi anak-anak yang bermain di sekitar rumah dengan mudah. Hal ini tidak bisa Anda lakukan pada desain interior bersekat.

Meski memiliki kelebihan, konsep desain rumah lantai terbuka juga memiliki kelemahan. Salah satunya adalah mengorbankan privasi yang merupakan salah satu faktor penting yang diinginkan setiap pemilik hunian. Tetapi dengan penataan yang tepat, pemilihan furnitur yang pas, pencahayaan, pilihan warna cat, konsep open space masih sangat layak untuk digunakan. Dan bagi yang tidak memiliki pilihan lain selain konsep desain ini, rasanya tidak ada alternatif lain selain mengadaptasinya.

Pemilihan sekat, atau penggunaan partisi ruang, room separator atau room devider, bisa jadi solusi untuk mengatasi minimnya privasi. Berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk memiliki hunian dengan konsep tersebut.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia