Tren Bahan Bangunan 2019 Inovasi Tiada Henti Industri Bahan Bangunan

16 January 2019 13:32

Sebuah bangunan merupakan hasil perpaduan dari berbagai jenis material yang saling mendukung. Pemilihan jenis material sangat ditentukan oleh kebutuhan, fungsi, estetika, dan rasa. Seperti zaman, material bangunan pun terus berkembang, baik dari bahan bakunya, teknologi pembuatannya, bentuknya, coraknya, warnanya, maupun ukurannya.

Perkembangan material bahan bangunan juga sangat dipengaruhi oleh kebutuhan masyarakat. Dan bagi masyarakat modern, ada beberapa hal yang sangat diperhatikan terhadap material bahan bangunan. Antara lain, material bahan bangunan harus kuat, tahan cuaca, cepat dalam pemasangannya, ramah lingkungan, aman bagi kesehatan, indah dipandang, dan harganya terjangkau.

Para produsen material bahan bangunan pun terus mengakomodir kebutuhan itu. Tak heran jika saat ini, material bahan bangunan semakin beragam tersedia di pasar. Semua bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, fungsi, estetika, dan rasa.

Untuk penutup atap, tersedia penutup atap dari bahan kemarik, beton, metal, dan polycarbonate. Modelnya ada yang bergelombang dan datar (flat) dengan warna yang sangat beragam. Penutup atap dengan model flat akan popular di 2019. Genteng flat merupakan solusi atap terbaik bagi masyarakat iklim tropis karena lebih kuat, peredam panas, tidak mudah retak maupun bocor.

Pelapis lantai pun terus berkembang, tak sekadar untuk menutup lantai namun juga pembangun karakter ruang. Tak heran, pilihannya pun kian beragam. Mulai dari material keramik, parket, vinil, hingga batu alam dapat dijadikan pilihan untuk melapisi lantai ruangan.

Pelapis lantai terazzo atau teraso akan semakin diminati di tahun 2019. Teraso memiliki sejumlah keunggulan. Antara lain tahan lama, biaya perawatannya rendah, tidak mudah menyerap bakteri atau air. Karenanya mengapa teraso kerap sering digunakan sebagai pelapis lantai di area dengan lalu lintas tinggi. Agar lantai tak monoton, penggunaan pelapis lantai 3D juga akan semakin popular sebagai alternatif.

Sementara sanitary, yang berkualitas tinggi, menawan dan tak terkesan ketinggalan zaman, akan jadi tren di 2019. Gaya hidup yang semakin memperhatikan kelestarian alam, juga menginspirasi banyak produsen saniter memproduksi berbagai macam alat saniter yang hemat, berkonsep eco living hingga smart yang bisa diterapkan di kamar mandi. Meski area kamar mandi tidak besar, tapi aktivitas di dalamnya bisa berdampak besar bagi lingkungan dari pemborosan air.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia