Tren Desain Interior 2018; Bold Naik Daun, Strictly Mulai Pudar

23 January 2018 11:40

Rubrik desain interior Majalah Properti Indonesia (MPI) edisi Januari 2018 menurunkan ulasan tentang Tren Desain Interior 2018. Disebutkan bahwa konsep Bold mulai naik daun dan Strictly Mulai Pudar.

Layaknya fashion, desain interior rumah juga selalu berubah. Bagi Anda yang akan merenovasi rumah pada tahun 2018 ada baiknya mengetahui tren interior rumah terkini. Lantas, bagaimana tren rumah pada 2018?

Tak berbeda dengan tahun 2017, yang mengambil tren modern dengan sentuhan natural, ternyata di tahun depan konsep tersebut masih menjadi favorit para arsitek dan desainer di Indonesia dalam mendesain interior mereka. Hanya saja, jika tahun lalu interior lebih mengarah ke modern minimalis, untuk tahun ini tren interior lebih mengarah ke modern rustic.

Interior modern rustic memiliki esensi berupa desain yang memberikan kesan alami bagi pengguna ruang, dan menggambarkan suasana pedesaan yang berasal dari pemilihan elemen ruang yang alami atau penggunaan material alam, seperti batu bata, kayu, dan material seperti beton.

Ciri khas dari gaya interior ini terletak pada penggunaan bahan alami serta tidak dilakukannya finishing. Misalnya, pada dinding dalam atau luar yang temboknya tidak diplester dengan aci. Sedangkan untuk bagian atap, konsep yang digunakan lebih bergaya etnik.

Sehingga, dengan adanya perpaduan unsur modern membuat dan rustic merupakan kombinasi yang serasi. Sebab, rustic yang memiliki ciri khas menggunakan material alam, seperti batu bata, kayu, dan mengurangi kesan dingin dari konsep modern, sehingga tercipta kesan hangat dan homey di dalam rumah.

Selain modern rustic, konsep desain yang digadang gadang akan booming di tahun depan adalah art deco. Gaya art deco adalah konsep desain yang menitik beratkan pada seni yang dekoratif. Gaya desain ini biasanya diterapkan pada ilmu arsitektur, desain interior, desain produk, dan seni visual.

Ciri khas dari desain Art Deco adalah beruhubungan dengan kemewahan dan modern. Tema yang biasanya dipakai untuk gaya ini diantaranya, seni tradisional Afrika, Mesir, atau Aztek Meksiko. Selain itu, tema popular lain dari bentuk-bentuk Art Deco adalah trapezoid, zigzag, geometri, dan bentuk puzzle. Sejalan dengan pengaruh-pengaruh ini, Art Deco dikarakterkan dengan penggunaan bahan-bahan seperti aluminum, stainless steel, lacquer , inlaid wood, kulit hiu (sharkgreen), dan kulit zebra.

Warna Pada tahun depan diperkirakan warna gelap akan banyak digunakan pada dekorasi ruangan. Bukan hanya pada dekorasi, tetapi juga pada seluruh furnitur di dalamnya seperti bangku, meja, lampu diri, dan rak yang semuanya berwarna hitam.

Bernadeta Ratna Niken, CEO sekaligus arsitek dari kantor Gunho Niken Architect (GNA), menuturkan untuk tahun 2018, warna yang akan menjadi trend adalah warna bold. “Jika pada tahun sebelumnya trend warna yang diusung lebih mengarah kepada warna pastel gelap, sedangkan untuk tahun depan mengarah ke warna bold dengan tekstur velvet” tutur Niken.

Selain pilihan warna, menurut Niken, ragam furnitur yang akan ‘booming’ di tahun 2018 lebih cenderung ke arah perpaduan tembaga/kuningan dengan beton.

Perpaduan tersebut menghasilkan furnitur yang sederhana dengan sentuhan elegan dari warna tembaga/kuningan yang mengarah ke warna emas.

Pilihan furnitur

Sedangkan tren furnitur yang akan memudar adalah gaya yang menerapkan strictly ancient pada semua elemen interiornya. Trend sekarang cenderung lebih fleksibel dengan menerapkan strictly ancient pada sebagian elemen saja sebagai vocal point. Perpaduan antara element future dan element past pada interior akan lebih memberi kesan dinamis,” tambah Niken.

Tak hanya itu, tren furnitur yang akan pudar tahun depan termasuk oversizes furnitur, di mana yang lebih ditonjolkan dalam ruang dengan cara meletakkan furnitur-furnitur besar. “Trend ini sudah mulai pudar karena ruang yang seharusnya dapat menjadi ruang untuk berekspresi menjadi berkurang. Secara proporsi juga sudah mulai tidak diminati,” tutupnya. MPI/RAG

trend desain interior 2018 2

Trend desain interior 2018 3

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia