Tren Produk Saniter Mengarah pada Konsep Eco-Living dan Smart

14 January 2019 11:45

Perubahan pandangan mengenai fungsi kamar mandi saat ini semakin berkembang. Bukan hanya sekedar untuk mandi dan buang air, tapi juga harus nyaman dan cantik. Hal tersebut juga mempengaruhi pilihan produk sanitary.

Sejak beberapa waktu lalu, konsep kamar mandi bergaya bathtub dan shower memang sedang tren. Dan kemungkinan tren ini akan tetap bertahan dan populer di tahun 2019. Mengingat konsep kamar mandi nyaman yang bisa membuat tubuh lebih rileks semakin banyak diminati oleh banyak orang. Karenanya untuk melengkapi kebutuhan tersebut.

Sementara itu dari sisi model, tren produk sanitary konsep minimalis jadi salah satu tren di 2019 salah satunya produk wastafel bergaya minimalis. Dengan bentuk yang tak terlalu tebal dari membuat meja wastafel tampak elegan meski instalasinya di atas meja. Ditambah material bahan keramik berkualitas dan modelnya yang kekinian, semakin menambah kesan modern pada interior. Bukan hanya wastafel, kran pun tampil bergaya minimalis dengan memadukan warna emas (gold) dan putih.

LIXIL Corporation adalah salah astu perusahaan produk saniter yang menghadirkan produk hemat dan ramah lingkungan Direktur Pemasaran LIXIL Corp Arfindi Batubara mengatakan, kehadiran produk LIXIL melalui brand ternama American Standard Indonesia tidak hanya mengikuti tren ramah lingkungan serta memenuhi kebutuhan konsumen, tetapi juga misi mengajak masyarakat mengubah gaya hidup yang lebih ramah lingkungan.

Masih dari keluarga American Standard, produk saniter lain yang hemat dan dapat mengatasi kurangnya tekanan air bernama Genie Hand Shower. “Ada fitur yang namanya Petal Pressure, tekanan airnya cukup kuat, tapi tetap lembut di kulit sehingga nyaman untuk semua anggota keluarga,” ujar Product Manager American Standard Indonesia Ramdan Abdul Rosyid

Keunggulan lainnya Water Saving. Fitur ini dikatakan bisa menghemat air sampai 35 persen sehingga mampu mengurangi penggunaan air mandi. Dengan demikian, tagihan air pun otomatis berkurang, tetapi pengalaman saat mandi tetap bisa dinikmati.

Produk saniter lain tyang juga hemat adalah produk keran merek Sotria dari Delta Faucet Company. Produk keran ini memiliki desain triangular unik dengan arsitektur yang efisien, terinspirasi dari gaya hidup mewah desainer kenamaan Celine Garland. Dengan siluet triangular yang khas, koleksi Sotria terdiri dari desain keran satu pegangan dan keran widespread lavatory yang memiliki aliran air yang menyebar melalui ujung keran bercabang atau tertutup, keran dinding atau shower, keran berdiri atau freestanding faucet untuk tub.

Sementara itu produk saniter hemat lainnya juga dikeluarkan PT TOTO Indonesia dengan merilis kloset duduk Toja CW950PJ berdesain kotak. “Desain kotak ini merupakan salah satu kelebihan Toja yang membuatnya terkesan higienis dan rapi. Kami meng-hire desainer lokal asal Yogyakarta untuk mendesain seri square ini,” kata Rudianto selaku Marketing Department Manager PT TOTO Indonesia.

Kloset berbahan dasar keramik ini lebih irit air (eco flush) dengan dua kenop flushing (penggelontoran air). Yaitu 3 liter untuk buang air kecil dan 4,5 liter untuk buang air besar. Penutup atau cover-nya mudah dilepas supaya kloset gampang dibersihkan. TOTO juga menawarkan kloset gantung atau wall hung CW951J yang dipasang menempel di dinding dengan desain, sistem flushing, dan garansi serupa.

Sementara itu, produsen produk rumah mewah Kohler (Amerika Serikat) meluncurkan rangkaian produk saniter mewah untuk kamar mandi seri Rose-Gold Finishing. Rose-Gold Finishing adalah upaya kami menyatukan semua elemen kamar mandi menjadi sebuah harmonisasi yang indah.

Produk sanitary yang juga bakal semakin tren di 2019 adalah kloset yang memberikan kenyaman bagi penggunanya. Mulai dari tempat duduk yang memberikan kehangatan hingga tongkat robotic dengan pancuran air dari beragam sudut dan kecepatan, serta diikuti dengan air hangat. Ketika Anda berdiri, toilet akan menutup tutup-nya sendiri, menyiram secara otomatis, dan membersihkannya dengan sinar UV.

Tongkat robotik menyemprotkan sekitar 70 titik air per detik. Anda bisa mengatur posisi tongkatnya, intensitas air, dan temperatur menggunakan remote control. Seri Toto Actilite dengan Washlet (tongkat pencuci robotik) sudah dijual di pasaran dengan harga sekitar US$12.500 atau Rp160 jutaan.

Satis G-Type yang dibuat oleh Lixil, juga perusahaan Jepang, memiliki fungsi yang mirip – walau mereka menyebut ‘tongkat’ dengan istilah ‘pipa’ – dan dijual dengan harga yang relatif lebih murah sekitar US$ 5.000 atau Rp65 juta.

Terkoneksi dengan Bluetooth, Anda bisa mengontrol proses pencucian (pola penyemprotan, tekanan air dan udara) menggunakan aplikasi ponsel “My Satis”. Aplikasi ini juga mencatat pola buang air besar dan kecil Anda untuk memonitor kesehatan. Toilet yang lebih pintar juga bisa menjadi elemen penting untuk kesehatan di masa depan. Menurut Toilet Board Coalition, jaringan bisnis yang mempromosikan sanitas yang lebih baik Mengoperasikan toilet Satis menggunakan ponsel membutuhkan proses ‘pairing’ (atau pencocokan) yang membangun koneksi satu-ke-satu antara toilet dan ponsel yang spesifik. Fungsi ini hanya bisa dilakukan jika penutup toilet dibuka, sementara aplikasi ‘My Satis’ hanya bisa digunakan satu pengguna di satu waktu. Ini mencegah pihak ketika untuk mengakses toilet di saat bersamaan. MPI DR

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia