Trend Berkantor di Coworking Space Pacu Kreatifitas di Ruang Kerja Tanpa Batas

01 February 2018 13:36

Perusahaan penyedia dan pengelola coworking space belakangan semakin gencar melakukan ekspansi seiring bermunculannya perusahaan rintisan atau startup. Alhasil, ruangan coworking space semakin menjamur dan mudah dijumpai.

Bagi pengembang properti, bertumbuhnya bisnis usaha rintisan atau startupcompany merupakan sebuah peluang menjanjikan. Menjanjikan, karena sebagian besar dari perusahaan yang baru melangkah tersebut belum memiliki kantor dan tentu saja membutuhkannya sebagai salah satu syarat untuk dapat eksis.

Peluang inilah yang dimanfaatkan banyak pengembang dan pengelola jasa sewa perkantoran yang diterjemahkan dengan membangun berbagai jenis properti komersial bagi para pengelola bisnis perintis tersebut.Namun yang menarik, karena sebagian besar perusahaan startup tersebut dikelola oleh anak-anak muda yang kreatif, maka kantor konvensional saja nyatanya belum cukup untuk mewakili kepribadian mereka yang kreatif pula. Karena itu, ruang perkantoran yang nyaman, efisien, fleksibel, dan tentunya terjangkau seperti coworking space, dianggap cukup mewakili.

Coworking space sejatinya telah berkembang di beberapa negara maju sejak tahun 2005 lalu. Namun, untuk di tanah air, konsep ruang kantor seperti ini baru menjadi tren sekitar tahun 2012. Menurut data yang dihimpun Perkumpulan Coworking Indonesia dan Lab Kinetic, dalam tiga tahun terakhir jumlah coworking space di Indonesia melonjak cukup tajam atau sekitar 410%. Per Juli 2017 terdapat 123 coworking space di 25 lokasi seluruh Indonesia, dengan posisi terbanyak di Jakarta (38 space) dan Bandung (19 space).

Selain Jakarta, coworking space juga sudah sampai di kota-kota kedua seperti Bekasi, Bogor, Depok, Serpong, Demak, Jember dan Malang. Sementara, di luar Jawa dan Bali, seperti Medan, Padang, Makassar, Samarinda, Manado serta Palembang.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia