Wawancara Khusus dengan Walikota Batam, Muhammad Rudi Saya Menjamin Kemudahan Pengurusan Regulasi

14 September 2018 14:11

Bagaimana kondisi pembangunan Batam saat ini?

Selain industri, sektor pariwisata menjadi salah satu kontribusi Batam saat ini. Untuk menjadi kota tujuan wisata, tentu kota ini harus kita perindah dulu. Indahnya dimulai dari mana yaitu dari jalan, makanya infrastruktur kita buka dan renovasi untuk membuat investor semakin bersemangat. Kalau pariwisata sudah hidup, maka investor lainnya pun menyatu, misalnya pengembangan properti.

Hal inilah yang salah satunya menjadi prioritas saya semenjak dua tahun lalu menjabat sebagai Walikota Batam dan hal ini disambut baik oleh semua pihak. Sebab, orang yang mau investasi kesini tidak semata-mata hanya mau investasi membawa uangnya saja, namun juga mau menikmati berbagai fasilitas lainnya. Makanya, jalan itu merupakan faktor utama untuk menyelesaikan semua masalah. Inilah yang membuat saya fokus untuk membangun permasalahan infrastruktur, khususnya jalan dengan serius, meski tahun ini kami defisit hingga Rp300 miliar lebih, tapi saya tetap jalan terus.

Hal lainnya selain infrastruktur?

Saya kira bukan hanya infrastrukturnya saja memang, karena untuk memajukan pariwisata, maka destinasinya juga harus dipersiapk guna menarik investor dan pengunjung sebanyak-banyaknya. Sewaktu saya menghadiri ajang penghargaan Award City Sumit di Singapura beberapa waktu lalu, Kota Surabaya dibawah kepemimpinan Ibu Risma berhasil mendapat penghargaan. Penilaian tersebut bukan berdasarkan kemewahan kotanya, namun bagaimana sebuah kota mampu menyelesaikan segala permasalahannya secara utuh dan tuntas. Kota Surabaya bukan mewah tapi bersih dan indah.

Bagaimana sistem perijinan di Kota Batam saat ini?

Saat ini kita sudah melakukan sistem perijinan secara online satu pintu, meski belum secara utuh. Dan, ini juga terjadi di kota-kota lainnya. Namun, Batam merupakan yang terbaik di Indonesia. Memang, kalau kita banding dengan Singapura masih jauh sekali. Tapi kita tetap terus berusaha menyempurnakannya.
(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota

Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:
https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/properti-indonesia atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia